Kini, Perumahan Bisa Dibangun dengan "Printer 3D"

Kompas.com - 10/05/2019, 15:00 WIB
Rencana pembangunan perumahan dengan teknologi pencetakan 3D. ICONRencana pembangunan perumahan dengan teknologi pencetakan 3D.

KOMPAS.com - Tak hanya satu bangunan, inovasi konstruksi khususnya dengan teknologi pencetakan tiga dimensi kini juga merambah dalam pengembangan kawasan.

Dilansir dari Dwell, desainer Yves Behar dari Fuseproject bersama dengan perusahaan teknologi, ICON serta organisasi non-profit New Story berencana membangun sebuah kawasan perumahan dengan teknologi pencetakan 3D.

Baca juga: Lagi, Rumah 3D Dibangun, Kali Ini Bermaterialkan Sekam

Perumahan pertama yang akan dibangun dengan teknologi ini berada di Amerika Latin. Tujuan dari proyek ini adalah untuk mengurangi angka tunawisma.

"Ini mengarahkan kami untuk merancang sistem hunian yang memungkinkan berbagai program, faktor iklim, dan pertumbuhan untuk keluarga dan ruang," ujar Behar.

ICON telah mengembangkan printer portabel yang dapat mencetak rumah yang tahan lama. Perangkat ini dirancang untuk bekerja di daerah terpencil yang mungkin kekurangan akses ke air, listrik, dan infrastruktur tenaga kerja.

Dinding dan elemen struktural lain dapat dibangun dalam waku hanya 24 jam.

"Kami rasa ini adalah tanggung jawab kami untuk menantang cara tradisional," ucap CEO New Story, Brett Hagler.

Tahun lalu, tim tersebut berhasil mencetak purwarupa rumah di Austin, dan dengan bantuan Fuseproject, mereka telah memperbarui desain mereka untuk lebih memenuhi kebutuhan masyarakat dan lingkungan tropis.

Baca juga: Lagi, Teknologi Cetak 3D Diterapkan pada Bangunan Museum

Setiap rumah terdiri dari dapur outdoor dan halaman luar yang dapat digunakan untuk beraktivitas.

Interior rumah sendiri juga dirancang dengan model terbuka dan fleksibel, sehingga penghuni dapat menggunakannya untuk berbagai kegiatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X