"Bola Panas" Kenaikan Tarif Tol Bandara di Tangan Jasa Marga

Kompas.com - 07/05/2019, 12:25 WIB
Gerbang Tol Kamal Jasa MargaGerbang Tol Kamal

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk sempat menunda rencana kenaikan tarif Tol Sedyatmo atau lebih dikenal dengan Tol Bandara Soekarno-Hatta.

Padahal, pada saat yang sama Jasa Marga telah mengantongi Keputusan Menteri Pekerjaan Umum No 121/KPTS/M/2019 tentang Penyesuaian Tarif Tol.

Menurut Kepala Bagian Umum Badan Pengatur Jalan Tol Mahbullah Nurdin, keputusan kenaikan tarif Tol Bandara sepenuhnya berada di tangan Jasa Marga.

Pemerintah sendiri telah memberikan lampu hijau bila perseroan berencana merealisasikannya.

"Sebetulnya tinggal menunggu Jasa Marga. Bolanya di Jasa Marga," kata Mahbullah kepada Kompas.com, Senin (22/4/2019) lalu.

Baca juga: Soal Divestasi Waskita Karya, Jasa Marga Pilih Minoritas

Dalam surat tertanggal 6 Feburari 2019 itu, diputuskan kenaikan tarif Tol Bandara dapat dilaksanakan per 14 Februari 2019.

Sosialisasi pun telah dilakukan Jasa Marga via media massa, baik cetak maupun elektronik, sebelum batas waktu kenaikan.

Namun, pada 13 Februari 2019, emiten berkode JSMR itu mendadak membatalkan rencana kenaikan tersebut dengan alasan memerlukan sosialisasi yang lebih panjang.

Mahbullah menambahkan, bila saat ini Jasa Marga telah merasa cukup memberikan informasi kepada publik, maka kenaikan tarif tersebut dapat segera dilaksanakan.

Baca juga: Jasa Marga Siapkan Rp 27 Triliun Rampungkan Proyek Tol Tahun Ini

"Karena kenaikan ini bukan hanya untuk tujuan menuju Bandara saja. Jadi sedyatmo itu kalau dulu, hanya memang memfasilitasi ke bandara saja. Sekarang itu tidak karena sudah banyak daerah-daerah industri, pabrik, dan segala macem," tutur Mahbullah.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X