Kompas.com - 06/05/2019, 19:17 WIB
Di dalam rumah, salah satu ruang persegi menampung teras berhias yang berdampingan dengan halaman beton. Tato Architects Di dalam rumah, salah satu ruang persegi menampung teras berhias yang berdampingan dengan halaman beton.

KOMPAS.com - Desain rumah semakin berkembang. Tak hanya penataan interior dan eksterior, pengelolaan tiap ruangan di dalam rumah kini juga semakin semarak.

Salah satunya adalah rumah dengan desain menyerupai labirin ini. Hunianyang berada di Hokusetsu, Jepang tersebut didesain oleh Tato Architects yang dikepalai oleh arsitek Yo Shimada.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jendela langit-langit dan lantai pertama yang besar juga memastikan banyak cahaya alami mencapai ruangan.Tato Architects Jendela langit-langit dan lantai pertama yang besar juga memastikan banyak cahaya alami mencapai ruangan.
Shimada merancang hunian untuk keluarga yang menginginkan rumah dinamis, di mana semua anggota dapat menghabiskan waktu bersama.

Dia mengembangkan pola lantai dengan 12 kotak. Setiap kotak dalam denah tersebut merupakan ruangan rumah dengan fungsi berbeda.

Kemudian, dari 12 kotak di dalam denah, Shimada menempatkan satu ruang penghubung dengan bentuk ketupat.

Ruang penghubung ini dirancang terbuka sehingga memungkinkan cahaya matahari menembus ke area pusat rumah dan menyediakan koneksi dengan alam terbuka di dalam desain yang tertutup.

Jendela langit-langit dan lantai pertama yang besar juga memastikan banyak cahaya alami mencapai ruangan.

Ke-12 ruangan di lantai dasar tersebut kemudian dihubungkan lagi dengan 6 buah kamar di lantai atas.

Di setiap sudutnya terdapat bilik yang berfungsi sebagai sirkulasi dan ruang komunal. Tato Archiects Di setiap sudutnya terdapat bilik yang berfungsi sebagai sirkulasi dan ruang komunal.
Urutan ruang-ruang tersebut saling terhubung dan menawarkan beberapa rute berbeda melalui bangunan dan penggunaan ruang yang lebih bervariasi daripada yang biasa terjadi di rumah-rumah konvensional.

Di setiap sudutnya terdapat bilik yang berfungsi sebagai sirkulasi dan ruang komunal. Jika dilihat dari atas, denah lantai rumah ini mirip dengan sarang lebah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Dezeen
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.