Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Mudik, "Contraflow" di Tol Trans Sumatera Diberlakukan

Kompas.com - 04/05/2019, 10:00 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah berencana menerapkan sistem arus satu arah atau contraflow pada saat pelaksanaan mudik dan balik Lebaran 2019 di ruas Tol Trans Sumatera.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit menuturkan, sejumlah ruas nantinya akan dibuka fungsional guna mendukung kelancaran arus kendaraan saat pulang ke kampung halaman.

Menurut rencana, ruas yang akan dibuka fungsional terbentang mulai dari Bakauheni hingga Kayu Agung.

Dengan adanya contraflow ini, artinya pergerakan kendaraan bakal dibatasi. Tiga ruas jalan yang akan dibuka satu arah menuju Palembang saat arus mudik. Sementara saat arus balik akan diterapkan satu arah menuju Lampung.

Baca juga: Rekor Baru, Pemerintahan Jokowi-JK Operasikan 39 Tol dalam 4,5 Tahun

"Nantinya diusulkan juga penggunaan jalan tol pada saat mudik dibatasi antara pukul 06.00-18.00 WIB," ucap Danang dalam keterangan tertulis yang dikutip Kompas.com, Sabtu (4/5/2019).

BPJT telah memantau kesiapan ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 185 kilometer pada Rabu (1/5/2019) lalu. Pemantauan ini rencananya akan terus dilakukan hingga H-10 Lebaran.

Di samping membatasi penggunaan, Danang mengingatkan, masyarakat untuk memperhatikan kecepatan kendaraan di sepanjang jalur fungsional tersebut.

Dia juga meminta agar kondisi mesin kendaraan diperhatikan dan kondisi bahan bakar dapat tercukupi hingga lokasi tujuan.

Pembangunan ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, merupakan lanjutan dari ruas Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 141 kilometer yang sudah beroperasi sejak Maret 2019 lalu.

Pembangunan ruas ini telah dilaksanakan sejak Juli 2018 dengan menggunakan biaya investasi sebesar Rp 21,95 triliun. Diharapkan pada tahun ini akan beroperasi seluruhnya sesuai target penyelesaian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com