Kompas.com - 30/04/2019, 08:00 WIB
Kepala Kepolisian RI (Kapolri) Tito Karnavian dan Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil Dok. Kementerian ATR/BPNKepala Kepolisian RI (Kapolri) Tito Karnavian dan Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Sofyan Djalil menyerahkan sertifikat tanah berupa Hak Pakai kepada Kepala Kepolisian RI (Kapolri) Tito Karnavian, Senin (29/4/2019).

Dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Hak Pakai yang diterima Kapolri merupakan tanah seluas 17,1542 hektar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tanah tersebut merupakan Hak Guna Usaha (HGU) milik PT Estu Subur yang telah habis masa berlakunya sejak tahun 2000.

Kemudian melalui SK Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Nomor 8 dan 9/PTT-HGU/KEM-ATR/BPN/2017 tentang Penetapan Tanah Terlantar, lokasi eks HGU tersebut ditetapkan menjadi lokasi tanah terlantar.

Hak Pakai yang diterima Kapolri merupakan tanah seluas 17,1542 hektarDok. Kementerian ATR/BPN Hak Pakai yang diterima Kapolri merupakan tanah seluas 17,1542 hektar
Tanah terlantar merupakan tanah yang sudah diberikan hak oleh negara berupa Hak Milik, Hak Guna Usaha (HGU), Hak Guna Bangunan, Hak Pakai, dan Hak Pengelolaan atau dasar penguasaan atas tanah yang tidak diusahakan, tidak dipergunakan, atau tidak dimanfaatkan sesuai dengan keadaannya atau sifat dan tujuan pemberian hak atau dasar penguasaannya.

Selain itu, lahan dinyatakan sebagai tanah terlantar apabila lokasi tersebut tidak diusahakan, tidak dipergunakan atau tidak dimanfaatkan sesuai dengan keadaan atau sifat dan tujuan haknya.

Untuk itu Sofyan mengatakan, sejak tahun lalu, Kementerian ATR/BPN sudah melakukan penertiban tanah-tanah terlantar yang digunakan untuk kepentingan umum.

"Kami juga sudah memberikan kepada TNI di Sukabumi," kata Sofyan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.