Basuki: Pemerintah Bangun Tol, Banyak Masyarakat Berterima Kasih

Kompas.com - 29/04/2019, 15:55 WIB
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono Dani Prabowo/Kompas.comMenteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

JAKARTA, KOMPAS.com - Hingga akhir 2019, pemerintah menargetkan 1.852 kilometer jalan tol baru dapat beroperasi.

Karena itu, dalam 4,5 tahun terakhir, pemerintah cukup masif dalam melakukan pembangunan jalan berbayar tersebut.

Sampai April 2019, sekitar 949 kilometer jalan tol baru telah beroperasi secara bertahap.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengklaim, pembangunan jalan tol telah memberikan manfaat besar bagi masyarakat.

"Kemarin saya keliling di Inacraft, lihat-lihat Inacraft, banyak sekali peserta Inacraft maupun masyarakat yang ketemu saya pasti menyalami saya dan ucapkan terima kasih. Bukan bangun bendungan, bukan bangun apa, tapi bangun jalan tol," ucap Basuki saat rapat koordinasi yang diselenggarakan Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) di Jakarta, Senin (29/4/2019).

Baca juga: Rekor Baru, Pemerintahan Jokowi-JK Operasikan 39 Tol dalam 4,5 Tahun

"Mereka yang datang dari Jawa Timur, dari Jawa Tengah, merasakan kelancaran dan kecepatannya untuk bisa ikut pameran Inacraft. Penikmatnya atau pengunjung pun demikian juga, pasti menyampaikan pengalamannya mecoba Jalan Tol Trans Jawa ini. Jadi saya kira manfaatnya sudah dirasakan," imbuh dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kendati demikian, pembangunan yang telah dicapai pemerintah masih menyisakan sejumlah pekerjaan rumah.

Di samping penyelesaian 903 kilometer target panjang ruas tol yang belum beroperasi, juga adanya sejumlah usulan untuk membangun ruas-ruas lain.

"Cigatas, Cilacap-Jogja-Solo, Bawen-Jogja, Pontianak-Singkawang, Bengkulu-Lubuk Linggau-Muara Enim-Palembang, Padang-Sicincin-Pekanbaru," ungkap Basuki.

"Jadi masih banyak lagi yang lain-lainnya untuk dibuatkan jalan tol. Dan ini di luar tantangan kita untuk bisa melayani permintaan itu," pungkasnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X