Bangun Tol Cimanggis-Cibitung, CCT Utang Rp 4,25 Triliun

Kompas.com - 25/04/2019, 11:00 WIB
Direktur Utama PT Waskita Toll Road Herwidiakto di Hotel Dharmawangsa Jakarta, Selasa (10/4/2018).KOMPAS.com/RIDWAN AJI PITOKO Direktur Utama PT Waskita Toll Road Herwidiakto di Hotel Dharmawangsa Jakarta, Selasa (10/4/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Cimanggis Cibitung Tollways (CCT), anak usaha Waskita Toll Road (WTR), mendapat pinjaman sebesar Rp 4,25 triliun untuk penyelesaian proyek ruas Cimanggis-Cibitung yang menjadi bagian dari proyek Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2.

Pinjaman tersebut diberikan oleh sejumlah bank melalui fasilitas kredit investasi. Penandatanganan perjanjian kredit sindikasi dilangsungkan pada Rabu (24/4/2019).

CCT merupakan perusahaan patungan yang dibentuk antara PT Waskita Toll Road (WTR) dengan kepemilikan saham 90 persen, PT Bakrie & Brother's Tbk (5 persen) dan PT Bakrie Toll Indonesia (5 persen).

Direktur Utama WTR Herwidiakto mengatakan, penandatanganan perjanjian yang dilaksanakan hari ini merupakan penandatanganan perjanjian tahap pertama.

Baca juga: Triwulan I-2019, Tol Cimanggis-Cibitung Siap Dilintasi

"Kebutuhan total pendanaan sindikasi untuk pembangunan ruas jalan Tol Cimanggis-Cibitung sebesar Rp 6,64 triliun," ucap Herwidiakto dalam keterangan tertulis.

Ada empat bank yang bertindak sebagai Join Mandated Lead Arranger and Bookrunner yaitu PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia Syariah dan PT Bank Rakyat Indonesia Syariah.

Sementara anggota di dalam sindikasi didominasi oleh bank pembangunan daerah, baik konvensional maupun syariah.

Mereka adalah Bank Jatim, Bank Nagari, Bank NTT, Bank BPD Bali, Bank Kaltimtara, Bank Panin Dubai Syariah, Bank Jateng, Bank Papua, Bank Kalsel, Bank Kaltimtara Syariah, Bank BJB Syariah, Bank Jatim Syariah, Bank Maluku Malut, Bank Kalsel Syariah, dan Bank Sumsel Babel Syariah.

Herwi menjelaskan, proyek sepanjang 26,33 kilometer ini merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN).

Sejauh ini, pekerjaan konstruksi untuk Seksi I telah mencapai 84,98 persen dan Seksi II mencapai 31,84 persen.

"Proyek ruas tol CCT ini diharapkan dapat mengurai kemacetan di ruas tol JORR 1," ungkapnya.

Dalam waktu dekat, Seksi I ruas tol ini yang terbentang dari Cimanggis hingga Jatikarya akan dioperasikan. Sementara pengoperasian untuk Seksi II ditargetkan dapat terlaksana pada tahun depan.

"Penyelesaian proyek tol ini akan memberikan konstribusi dengan tersambungnya ruas Cinere–Jagorawi, ruas Jakarta–Bogor-Ciawi, ruas Jakarta-Cikampek, dan ruas Cibitung–Cilincing," tandasnya.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X