Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Klaim Kondisi "Rest Area" di Tol Trans Jawa Memadai

Kompas.com - 24/04/2019, 14:00 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mengklaim, kondisi tempat istirahat (TI) atau rest area  di sepanjang jalan Tol Trans Jawa cukup optimal untuk menunjang pelayanan bagi para pemudik yang akan pulang ke kampung halaman saat Lebaran mendatang.

Kepala Bagian Umum BPJT Mahbullah Nurdin mengatakan, kondisi optimal tersebut terutama untuk tempat istirahat yang berada di ruas-ruas yang sudah cukup lama beroperasi.

Sementara untuk ruas-ruas baru, beberapa masih ada tempat istirahat yang masih dalam proses konstruksi.

"Bahwa kalau untuk Trans Jawa yang sudah beroperasi lama sampai Pejagan, untuk teman-teman yang sudah pernah lewat, itu fasilitas TI dan Pelayanan (TIP) sudah memadai," kata Nurdin di kantornya, Senin (24/4/2019).

Baca juga: Pemudik, Ada 71 Rest Area Tersebar di Tol Trans Jawa

Setidaknya, terdapat 71 tempat istirahat yang tersebar di seluruh ruas Trans Jawa. Dari jumlah tersebut, 55 TI/TIP telah beroperasi penuh. Sementara 16 lainnya masih dalam tahap konstruksi.

Untuk TI/TIP yang masih konstruksi, Nurdin memastikan, paling tidak sudah ada fasilitas toilet, mushola dan pom bensin yang bisa dimanfaatkan pemudik yang hendak beristirahat.

"Kalau untuk kios dan segala macam, belum selengkap di TI/TIP sebelum Pejagan. Artinya, pengguna harus bisa mempersiapkan diri dari jauh sebelumnya, harus bisa memperdiksi bahan bakar. Persediaan makanan gimana, kalau mau solat mau dimana," terang Mahbullah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com