China Bangun Lapangan Olahraga di Atap Gedung

Kompas.com - 24/04/2019, 09:23 WIB
- Lianping Mao.-

KOMPAS.com - Firma arsitek China, Approach Design merancang aula baru di Hangzhou Cloud Town Exhibition Centre.

Atap bangunan dirancang sebagai lapangan olahraga. Di atas bangunan terdapat lintasan lari serta lapangan sepak bola.

Rancangan atap unik ini merupakan salah satu tuntutan pemilik gedung untuk menambah ruang fungsional lagi.

-Lianping Mao. -
"Tepat ketika semua orang berharap bangunan yang lebih besar dan ikonik, kami mendesain itu (gedung) sebagai taman," ujar studio itu.

Aula baru yang dibangun setinggi 9 meter ini didesain tenggelam di dalam tanah sedalam 3 meter. Untuk masuk ke dalamnya, pengunjung harus menuruni tangga yang berada di bawah atap.

"Kami pertama kali memutuskan untuk mengurangi ukuran besar bangunan, mengecilkan struktur seluas 66.000 meter persegi ini hanya dengan tinggi 6,6 meter di atas tanah," ujar Aproach Design.

-Lianping Mao. -
Desain ini menghasilkan atap yang rendah yang tertutupi rerumputan. Di sekeliling gedung juga terdapat taman yang terhubung dengan atap. Sehingga jika dilihat, atap gedung tampak seperti barisan bukit.

Konsep serupa juga digunakan oleh Open Architecture di TANK Shanghai. Studio ini merancang ruang galeri yang berada di bawah tanah, sementara atap bangunan didesain dengan taman hijau.

Bahkan Google juga berencana mengadopsi konsep ini di kantor pusatnya di London. Rencananya, rakasasa teknologi tersebut berencana membangun lintasan lari di atap bangunan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Dezeen

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X