Rusun ASN di Pasar Jumat Siap Huni Desember 2019

Kompas.com - 20/04/2019, 14:26 WIB
Desain Rumah Susun Pasar Jumat. Kementerian PUPRDesain Rumah Susun Pasar Jumat.

JAKARTA, KOMPAS.com – Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membangun Rumah Susun (Rusun) Pasar Jumat, Jakarta Selatan.

Direktur Rumah Susun Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR M Hidayat mengatakan, rusun untuk aparatur sipil negara (ASN) Kementerian PUPR itu sekarang dalam tahap penyelesaian fondasi.

Hidayat menargetkan konstruksi bisa selesai pada Desember 2019.

“Rusun ini untuk ASN PUPR. Tender dan fondasi sudah selesai, rencana (pembangunan) selesai Desember ini,” ujar Hidayat saat ditemui Kompas.com di Jakarta, Kamis (18/4/2019).

Rusun Pasar Jumat dibangun di atas lahan 28.256 meter persegi dan luas total bangunan 11.696 meter persegi.

Baca juga: Bangun Rusun, Pemerintah Siapkan Rp 2,6 Triliun

Rusun ini memiliki 19 lantai, yang terdiri dari 16 lantai untuk hunian, dua lantai untuk fasilitas umum dan sosial, dan satu lantai atap.

Adapun ketinggiannya mencapai 60,6 meter dan nantinya terdapat 460 unit hunian dengan tipe 36.

“Yang di Pasar Jumat ini ada 19 lantai. Mestinya bisa 30-an lantai, tapi karena dekat dengan lintasan penerbangan, jadi bolehnya segitu,” imbuh Hidayat.

Pembangunan rusun menelan anggaran sebesar Rp 181 miliar, dan pekerjaan konstruksinya dilakukan oleh PT Brantas Abipraya (Persero).

Menurut Hidayat, pembangunan Pasar Jumat merupakan bagian dari rencana pemerintah untuk menyediakan hunian berupa rusun kepada ASN dari berbagai instansi pemerintahan di seluruh Indonesia.

Rusun-rusun itu dibangun di atas lahan pemerintah daerah setempat atau instansi terkait.

“Soal lahan yang di daerah-daerah itu milik pemda atau instansi terkait, misalnya Kejaksaan Agung dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Itu tanah mereka, apakah mau dihibahkan atau enggak, tergantung kesepakatan,” pungkasnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X