Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Jalan Tol yang Dibuka Fungsional Saat Mudik Lebaran

Kompas.com - 19/04/2019, 16:40 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk berencana membuka sejumlah ruas tol secara fungsional atau sementara selama pelaksanaan mudik Lebaran 2019.

Corporate Communication Department Head Jasa Marga, Irra Susiyanti mengatakan, jalan tol yang akan dibuka sementara yakni yang progres konstruksinya telah di atas 40 persen.

"Selain jalan tol di luar Jawa, kami juga akan mengoperasikan beberapa proyek jalan tol yang sudah di atas 40 persen untuk bisa dioperasikan fungsional," kata Irra dalam pesan singkat, Jumat (19/4/2019).

Jalan tol yang dimaksud antara lain Tol Pandaan-Malang segmen Pandaan-Singosari sepanjang 30,6 kilometer, Tol Manado-Bitung, Tol Balikpapan-Samarinda, dan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi.

"Untuk Manado-Bitung untuk segmen Airmadidi-Watudambo sepanjang 12 kilometer, Balikpapan-Samarinda untuk segmen Samboja-Samarinda sepanjang 57 kilometer, dan MKTT untuk Sei Rampah-Tebing Tinggi sepanjang 9,3 kilometer," jelasnya.

Baca juga: Bidik Rp 1 Triliun, Jasa Marga Lansir KIK DINFRA

Merujuk data monitoring Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), ruas Tol Pandaan-Malang sepanjang 38,48 kilometer saat ini konstruksinya telah mencapai 89,71 persen.

Dari lima seksi, hanya Seksi I-III yang telah menunjukkan progres positif di atas 94 persen.

Kemudian, Tol Manado-Bitung sepanjang 39 kilometer saat ini konstruksinya telah mencapai 53,47 persen.

Jalan berbayar ini terbagi atas dua seksi, yakni Seksi I Ring Road Manado-Sukur-Airmadidi dan Seksi II Airmadidi-Bitung.

Selanjutnya Tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 99,35 kilometer saat ini telah mencapai 85,24 persen pekerjaan konstruksinya.

Bahkan untuk Seksi I Balikpapan KM 13-Samboja yang didanai APBD sepanjang 22,03 kilometer telah rampung sepenuhnya.

Empat seksi lainnya yakni Seksi II Samboja-Muara Jawa, Seksi III Muara Jawa-Palaran, Seksi IV Palaran-Samarinda, dan Seksi 5 Balikpapan-Bandara Sepinggan yang didanai APBN dari pinjaman pemerintah China, rata-rata telah mencapai 88,12 persen.

Sementara untuk ruas Sei Rampah-Tebing Tinggi yang menjadi segmen terakhir dari Tol MKTT, saat ini statusnya telah beroperasi namun belum bertarif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com