Siap-siap, Mudik Lebaran Bakal Ada Diskon Tarif Tol Lagi

Kompas.com - 18/04/2019, 09:56 WIB
Ilustrasi tolKementerian PUPR Ilustrasi tol

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah berencana kembali memberikan diskon tarif tol pada saat musim mudik Lebaran 2019. Namun soal besaran diskon yang diberikan, belum diputuskan.

"Insya Allah (ada diskon)," ungkap Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di Jakarta, Rabu (17/4/2019).

Nantinya, imbuh Basuki, akan ada pembahasan mengenai hal ini antara Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dengan sejumlah Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk merumuskan besaran diskon yang diberikan.

"Nanti kita bicarakan itu. Maunya berapa," kata Basuki.

Baca juga: Kini, Masyarakat Bisa Ikut Membiayai Jalan Tol

Sebelumnya, PT Jasa Marga (Persero) Tbk telah memiliki rencana memperpanjang pemberlakuan diskon tarif di ruas Tol Trans Jawa hingga lebaran.

Hal itu dilakukan agar perusahaan pelat merah itu memiliki waktu yang lebih panjang untuk mengumpulkan data sebelum melakukan penyesuaian tarif baru.

Seperti diketahui, sejak diresmikan secara penuh beberapa waktu lalu, tarif Tol Trans-Jawa telah diberikan diskon 15 persen. Sedianya, diskon tersebut berlaku sejak 21 Januari hingga 21 Maret 2019.

Namun, karena belum adanya keputusan penyesuaian tarif, maka penerapan diskon diperpanjang.

"Untuk mengkaji itu, harus ada historical data. Padahal, dioperasikannya baru dua bulan. Historical datanya masih goyah, belum stabil. Sementara kita masih kasih diskon untuk jarak terjauh dari setiap klaster," ungkap Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani seperti dilansir dari Kontan, Senin (15/4/2019).

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X