Tak Kalah Unik, TPS Ini Bertema “Superhero” dan Anti-kantong Plastik

Kompas.com - 17/04/2019, 17:13 WIB
Sejumlah petugas menghias dan memasang bilik suara di TPS 10 yang bertema superhero di Banjar Ubung, Kelurahan Sempidi, Badung, Selasa (16/4/2019). Selain mengangkat tema superhero, TPS unik ini mengedepankan kawasan bebas plastik berbasis kearifan lokal. Tribun Bali/Rizal FananySejumlah petugas menghias dan memasang bilik suara di TPS 10 yang bertema superhero di Banjar Ubung, Kelurahan Sempidi, Badung, Selasa (16/4/2019). Selain mengangkat tema superhero, TPS unik ini mengedepankan kawasan bebas plastik berbasis kearifan lokal.

JAKARTA, KOMPAS.com – Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) di masing-masing Tempat Pemungutan Suara ( TPS) melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilihan Umum 2019.

Salah satunya di TPS 10 yang berlokasi di Banjar Ubung, Kelurahan Sempidi, Kabupaten Badung, Provinsi Bali.

Panitia menyiapkan TPS ini dengan konsep desain unik bertema superhero sekaligus menerapkan prinsip anti-kantong plastik.

Hal ini merupakan wujud dari kearifan lokal yang dijabarkan dari Peraturan Bupati Badung Nomor 47 Tahun 2018  tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik dan telah diundangkan dalam lembaran daerah pada 28 November 2018.

KPPS pun menjalin kerja sama dengan banjar atau organisasi kemasyarakatan setempat untuk menghadirkan TPS unik tersebut.

Dengan demikian, diharapkan, para pemilih semakin tertarik untuk datang dan menggunakan hak suaranya.

Baca juga: Meriahkan Pemilu 2019, Dua TPS di Jawa Tengah Didesain Unik

Kelian Banjar Ubung I Gusti Ngurah Martana menuturkan, pihaknya memilih desain kawasan anti-kantong plastik karena isu sampah sudah menjadi isu yang mendunia sehingga pantas dijadikan tema supaya masyarakat setempat ikut memerangi sampah plastik.

“Jadi beberapa tahun yang lalu, khususnya di Desa Sempidi ini, kami juga sosialisasikan bagaimana kami memerangi sampah. Itu makna yang tersirat untuk warga yang memilih,” ucap I Gusti Ngurah Martana, seperti diwartakan Tribun Bali, Rabu (17/4/2019).

Sebelum masuk ke halaman TPS, terlihat spanduk bertuliskan “Selamat datang, TPS 10 Banjar, Ubung Sempidi, Mengwi Badung, kawasan bebas kantong plastik berbasis kearifan lokal”.

Saat masuk ke halaman TPS, tampak botol plastik menghiasi semua meja dan kantong berbahan plastik bekas menjadi dekorasi dinding pembatas.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X