Adhi Karya dan Adaro Garap Proyek SPAM di Dumai

Kompas.com - 15/04/2019, 17:14 WIB
Penandatanganan kerja sama proyek SPAM Dumai.Kompas.com / Dani Prabowo Penandatanganan kerja sama proyek SPAM Dumai.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Adhi Karya (Persero) Tbk berkongsi dengan PT Adaro Tirta Mandiri menggarap proyek Sistem Penyediaan Air Minum ( SPAM) Kota Dumai, Riau.

Keduanya tak hanya membangun tetapi juga mengoperasikan dan memelihara SPAM Kota Dumai berkapasitas 450 litar per detik (lpd).

Direktur Utama Adhi Karya Budi Harto mengungkapkan, proyek penyediaan air minum yang penandatanganan perjanjian kerja samanya dilangsungkan di Jakarta, Senin (15/4/2019), ini merupakan proyek pertama bagi perseroan.

"Bagi kami, Adhi Karya dan Adaro ini adalah amanah, bukan sekadar kami membuat proyek. Keinginan kami ingin mempersembahkan air bersih," ungkap Budi.

"Jadi kami bersyukur bahwa yang pertama telah pecah, Pak Wali Kota ini adalah suatu yang bagus bagi kami. Ini adalah kesempatan pertama bagi kami untuk investasi di bidang air minum," sambung Budi.

Baca juga: Ombudsman Minta Bupati Bogor Segera Cabut Izin SPAM Sentul City

Sebelumnya, Adhi dan Adaro telah memenangkan lelang yang diselenggarakan Pemerintah Kota Dumai melalui PDAM Tirta Dumai Bersemai. Surat penunjukkan pemenang pun telah diterbitkan sejak 18 Januari lalu.

Nantinya, proyek senilai Rp 489 miliar ini dapat memberikan akses air bersih kepada 20.300 sambungan rumah.

Adapun konsesi yang diterima yakni selama 25 tahun dan pembangunannya dilaksanakan secara bertahap.

Untuk tahap I A sebesar 50 lpd, tahap I B sebesar 200 lpd dan tahap II sebesar 200 lpd. Selama prosesnya, PDAM Tirta Dumai Bersemai melibatkan Badan Peningkatan Penyelenggaraan SPAM  Kementerian PUPR untuk memfasilitasi persiapan dan transaksi proyek.




Close Ads X