Inovasi Baru "Wallpaper" 3 Dimensi

Kompas.com - 12/04/2019, 23:32 WIB
- Mario Romano-

KOMPAS.com - Desainer yang berbasis di California, AS, Mario Romano menemukan jenis wallpaper baru yang bertekstur dan berpola.

Jika kertas pelapis dinding pada umumnya hanya memiliki desain dan pola dua dimensi, maka wallpaper karya Romano ini dirancang dengan pola tiga dimensi. 

-Mario Romano -
Wallpaper ini sama sekali tidak terbuat dari kertas melainkan material Corian, bahan khusus yang dibuat oleh Romano.

Corian terbuat dari polimer akrilik dan alumina trihydrate.

Bahan khusus ini dapat diukir dengan mudah menggunakan mesin CNC dan teknik fabrikasi lainnya.

Selain itu, wallpaper ini dapat dipasang di semua ruangan seperti ruang makan, dapur, kamar tidur, hingga kamar mandi.

Pelapis dinding ini diklaim tahan erosi dan lebih baik dari bahan lainnya. Warna yang ada pun juga tidak akan pudar.

Romano mengungkapkan, material ini juga dapat dipotong dengan presisi sedemikian rupa sehingga dapat dipasang pada dinding dengan berbagai ukuran.

-Mario Romano -
"Software kami sedang menunggu hak paten, yang dapat digunakan pada perangkat mesin CNC," ujar Romano.

Romano juga menyatakan, pola yang diukir pada permukaan bahan dapat menyesuaikan keinginan. Meski begitu, dia mengatakan, wallpaper buatannya berbeda dengan batu alam yang juga sering digunakan untuk melapisi dinding.

Namun jika dibandingkan dengan jenis penutup dinding lain, barang-barang ini tidak murah. Romano mengatakan harga wallpaper buatannya mencapai 35 dollar AS (Rp 493.000) per kaki persegi untuk warna putih.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X