23.730 Sertifikat Tanah Wakaf Telah Diterbitkan di Jawa Barat

Kompas.com - 11/04/2019, 15:30 WIB
Menteri ATR/BPN, Sofyan Djalil Dok. Kementerian ATR/BPNMenteri ATR/BPN, Sofyan Djalil

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Sofyan Djalil menyebutkan sebanyak 23.730 sertifikat tanah wakaf telah diterbitkan di Jawa Barat.

Baca juga: Tanah Wakaf Juga Harus Punya Sertifikat

"Sampai saat ini ada 23.730 bidang tanah yang sertifikat tanahnya sudah selesai di Jawa Barat dan hari ini telah diserahkan sebanyak 1,507 sertifikat," ujar Sofyan dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (10/4/2019).

Program sertifikasi tanah wakaf dan peribadatan ini masuk ke dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap ( PTSL).

Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kasus sengketa tanah peribadatan seperti masjid, musala, madrasah, pondok pesantren, pemakaman hingga rumah ibadah lainnya. 

Kementerian ATR/BPN menyerahkan 1.507 sertifkat tanah wakaf kepada pengurus lembaga keagamaan di Sukabumi.Dok. Kementerian ATR/BPN Kementerian ATR/BPN menyerahkan 1.507 sertifkat tanah wakaf kepada pengurus lembaga keagamaan di Sukabumi.

Dengan cara ini, individu, yayasan, atau organisasi dapat mengajukan sertifikasi tanah wakaf di Kantor Pertanahan (Kantah) di setiap kabupaten/kota seluruh Indonesia.

"Tahun 2018 kita berhasil keluarkan 9,3 juta. Tahun ini Inshaallah paling sedikit 11 juta bisa kita selesaikan, dan ditargetkan seluruh bidang tanah di Indonesia paling lama tahun 2025," ucap Sofyan.

Sebelumnya, Kementerian ATR/BPN menyerahkan 1.507 sertifkat tanah wakaf kepada pengurus lembaga keagamaan di Gedung Al-Masthuriyah Islamic Foundation, Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X