Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisa Dicontoh, Perpustakaan Terintegrasi dengan Hunian dan Komersial

Kompas.com - 08/04/2019, 22:30 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bangunan multifungsi kini tak hanya berupa hunian dan ritel saja. Sebuah gedung di Austria dirancang dengan berbagai fungsi yang menggabungkan fungsi ruang publik sekaligus ruang privat.

Project P2 merupakan nama sebuah gedung yang selesai dibangun pada 2018. Konsep gedung di Kota Innsbruck ini menggabungkan beberapa fungsi antara lain sebagai hunian, perpustakaan kota, ruang publik, restoran, dan tempat tinggal di dalam satu kompleks bangunan.

-MARC LINS PHOTOGRAPHY -
Perpustakaan kota ini menawarkan seluruh akses informasi baik pendidikan dan budaya. Di dalamnya terdapat pula area belajar dan membaca, perpustakaan anak-anak, kafe, galeri kota, dan beberapa fungsi ruangan lainnya.

Selain itu, lokasi bangunan juga terintegrasi dengan stasiun kereta api Innsbruck. Tak hanya itu, kompleks ini juga terhubung dengan bus serta trem di sisi lainnya.

-MARC LINS PHOTOGRAPHY -
Fasad bangunan terbuat dari kaca dan dibangun dengan kerangka struktu besi bertulang. Sementara seluruh elemen jendela dibingkai dengan material aluminium.

Baca juga: China Bangun Perpustakaan Sekolah Cuma 7 Hari

P2 dirancang dengan 3 lantai basement, 1 menara dengan 11 lantai, 1 buah pedestal dengan 2 lantai dan 1 lantai khusus untuk restoran.

Di antara pedestal dan menara terdapat satu buah lantai yang dapat diakses publik. Lantai ini difungsikan khusus untuk pagelaran budaya.

Lebih lanjut, gedung ini dibangun setinggi 52 meter dengan 173 kamar apartemen.

Interior perpustakaanMARC LINS PHOTOGRAPHY Interior perpustakaan
Setiap unit ruangan apartemen didesain khusus untuk asrama siswa dengan ukuran 50-60 meter persegi.

PORR Group, perusahaan yang merancang desain dan konstruksi bangunan ini mengatakan P2 menerapkan konsep keberlanjutan. Salah satunya adalah dengan mengurangi penggunaan air sebesar 20 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com