Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ModernCikande Bangun Kerjasama dengan Pengembang Klaster Halal Dunia

Kompas.com - 08/04/2019, 22:06 WIB
M Latief

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - ModernCikande Industrial Estate (MCIE) sepakat menjalin kerjasama global dengan pengembang klaster halal dunia pada Malaysia International Halal Showcase (MIHAS) 2019 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Penandatanganan kerja sama itu dilakukan Rabu (3/4/2019) lalu antara Modern Halal Valley (Indonesia), anak usaha PT Modernland Realty Tbk, dengan Cordoba Halal Cluster (Spanyol), Penang International Halal Hub (Malaysia) dan Iskandar Halal Park (Malaysia).

Pameran yang digelar di Malaysia International Trade & Exhibition Centre itu merupakan ajang pameran produk halal tingkat internasional yang dihadiri oleh Filipina, Korea Selatan, Jepang, China, Belgia, Iran, Perancis, India, Palestina, Arab Saudi, Afrika Selatan, Turki, dan lain-lainnya.

Pada ajang perdananya kali ini ModernCikande menampilkan Modern Halal Valley, klaster industri halal pertamanya. Proyek dengan lahan seluas 500 hektar ini merangkum Halal Intergrated Supply Chain, Standard Factory Building, Industrial Land, dan Logistic Park.

"Karena ini bukan hanya ajang unjuk gigi, tapi selama empat hari digelar seluruh pemain kunci dalam rantai pasok industri halal global ada sini. Kami datang untuk menjajaki peluang baru, bertukar pikiran, bangun koneksi," kata Pascall Wilson, Direktur Utama PT Modern Industrial Estat, dalam keterangan tertulisnya, Senin (8/4/2019).

Menurut Pascal, hal itu dibuktikan dengan menjalin kerjasama global dengan pengembang klaster halal di dunia. Kerja sama ini diharapkan bisa mencapai keuntungan sinergi dalam pengembangan produk halal dan bisnis halal lainnya melalui jaminan produk halal, sumber bahan baku, akses pasar, promosi bersama, serta penelitian dan pengembangan.

"Satu-satunya cara efektif untuk memenuhi permintaan pasar produk halal adalah dengan membuat merek-merek produk halal baru dan membawanya ke pasar global halal. Jaringan klaster halal ini kan salah satu key factor untuk mengembangkan industri halal secara global," tambah Pascall.

Untuk tahap pertama, Modern Halal Valley akan mengembangkan kawasan zona logistik halal internasional yang dibagi dalam beberapa sektor, mulai pusat distribusi nasional, kompleks ruang pendingin, dan sektor-sektor lainnya.

Kawasan industri ini juga menyediakan ruang komersial bagi perusahaan yang aktif dalam bisnis halal, perdagangan, dan perbankan baik skala nasional, Asia dan dunia. Dia berharap klaster ini mampu mendorong pertumbuhan industri halal di Indonesia sekaligus menjadikan Indonesia sebagai salah satu pemain utama di Industri halal global.

"Apalagi Indonesia kan negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, maka negara ini juga pasar bagi makanan halal terbesar dunia, kosmetik halal terbesar dan pasar farmasi halal terbesar keempat dunia," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com