Kompas.com - 08/04/2019, 11:47 WIB

KOMPAS.com - Sebuah bangunan penjara di Swedia diganjar penghargaan ramah lingkungan. Bangunan tersebut adalah Tabellen 4 Sollentuna, sebuah penjara berkeamanan tinggi di Kota Stockholm.

Dilansir dari CNN, Senin (8/4/2019), gedung penjara ini memenangkan BREEAM Public Projects 2019, sebuah penghargaan bagi gedung yang inisiatif dan ramah lingkungan.

BREEAM adalah metode penilaian lingkungan yang dioperasikan oleh Building Research Establishment (BRE) yang berbasis di Inggris. Menurut BRE, Tabellen 4 berfokus pada perbaikan lingkungan.

Penjara ini dibangun dengan atap hijau seluas 1.100 meter persegi yang terbuat dari tanaman dan rumput. Selain itu, sistem ventilasi bangunan dirancang agar dapat mendaur ulang panas dari udara.

Vegetasi dan rumput yang ada berfungsi untuk melindungi atap dari radiasi matahari, curah hujan, dan perubahan suhu.

"Juga membantu memfasilitasi limpasan air permukaan ke properti, sekaligus memungkinkan penyerbukan untuk serangga," kata Kepala properti Vasce, Sara Jägermo.

"Ini paling penting karena populasi lebah menurun," lanjut Jägermo.

Jägermo menambahkan, vegetasi campuran di sekitar bangunan bermanfaat menciptakan kesan yang lebih harmonis.

Uniknya, bangunan ini juga dibungkus kaca isolasi seluas 6.000 meter persegi. Penggunaan kaca ini berfungsi mengatur suhu serta memberikan tampilan unik pada eksterior penjara.

Sehingga dari luar, gedung ini terlihat seperti sebuah area perkantoran alih-alih rumah tahanan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.