Panorama Menawan Gunung Arjuno di Gerbang Tol Lawang

Kompas.com - 06/04/2019, 14:09 WIB
Panorama Gerbang Tol Lawang sebagai bagian dari Jalan Tol Pandaan-Malang dengan latar Gunung Arjuno. Dokumentasi PT Jasamarga Pandaan MalangPanorama Gerbang Tol Lawang sebagai bagian dari Jalan Tol Pandaan-Malang dengan latar Gunung Arjuno.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak habis kata mendeskripsikan betapa indah panorama alam negara kita tercinta, Indonesia.

Keelokan alam, terutama gunung, dan sawah, juga bisa dinikmati di sepanjang Jalan Tol Trans-Jawa, dan jalan tol non Trans-Jawa.

Tahun 2017 lalu, kokohnya Gunung Merbabu mengguncang dunia maya setelah tertangkap kamera melatari Gerbang Tol (GT) Salatiga.

Baca juga: Tarif Tol Terpanjang di Indonesia Rp 112.500

Kini, giliran Gunung Arjuno yang tampak ciamik menghiasai GT Lawang yang merupakan bagian dari Jalan Tol Pandaan-Malang.

Panorama Jalan Tol Pandaan-Malang dengan latar Gunung Arjuno.Dokumentasi PT Jasamarga Pandaan Malang Panorama Jalan Tol Pandaan-Malang dengan latar Gunung Arjuno.

Viralnya foto GT Lawang di lini masa media sosial, kali perdana dibagikan oleh akun Facebook, Gunung Indonesia, pada Minggu (31/3/2019) lalu, ditambah keterangan sebagai berikut:

"Panorama pegunungan dari Tol Pandaan-Malang. Salah satu yang terindah di Indonesia. Jasa Marga siap mengoperasikan jalan tol ruas Pandaan-Malang seksi satu-tiga, paling lambat awal Mei tahun 2019. Salah satu view terkenal dari tol ini adalah view Gunung Arjuno yang berdiri gagah menjulang tinggi. Makin semangat mudik nih yang lewat tol ini".

Gunung Arjuno yang berada di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan, menjulang setinggi 3.339 meter.

Tak hanya Gunung Arjuno, di jalan bebas hambatan yang merupakan bagian dari Tol Surabaya-Malang, ini penampakan Gunung Semeru juga terlihat dari sisi timur tempat istirahat (rest area), Gunung Kawi di sisi barat daya, dan Gunung Penanggungan.

Panorama Jalan Tol Pandaan-Malang dengan latar Gunung Arjuno.Dokumentasi PT Jasamarga Pandaan Malang Panorama Jalan Tol Pandaan-Malang dengan latar Gunung Arjuno.
Tol Pandaan-Malang sepanjang 38,48 kilometer yang dikelola PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) dalam waktu dekat segera beroperasi.

Menurut Corporate Communication Department Head PT Jasa Marga Tbk Irra Susiyanti, ruas yang akan diresmikan adalah Seksi I-IV.

"Rencananya diresmikan pada kuartal II tahun 2019," kata Irra menjawab Kompas.com, Sabtu (6/4/2019).

Tol yang melintasi Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang dan Kota Malang ini terdiri atas lima seksi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X