Inovasi Baru, Baca Cerpen Gratis dari "Vending Machine"

Kompas.com - 05/04/2019, 16:00 WIB
Mesin ini dipasang di kawasan finansial Canary Wharf di London. GETTYMesin ini dipasang di kawasan finansial Canary Wharf di London.

KOMPAS.com - Pernahkah Anda mengalami kebosanan saat sedang menempuh perjalanan? Biasanya untuk mengatasi rasa bosan, seseorang membaca buku ataupun pesan pada gawai untuk menghabiskan waktu.

Namun bagaimana jika Anda tak sempat membawa buku atau kehabisan baterai selama perjalanan?

Sebuah perusahaan asal Perancis menciptakan inovasi baru bagi para pecinta buku.

Melansir Reuters, Jumat (5/4/2019), perusahaan bernama Short Company ini menawarkan cara membaca baru dengan menggunakan vending machine.

Baca juga: Andrie Trisaksono, Pelopor Desain Mesin Interaktif di Indonesia

Mesin ini dipasang di kawasan finansial Canary Wharf di London, Inggris, tepatnya di Jubilee Place, Churchill Place, dan Crossrail Place Roof Garden.

Alih-alih makanan atau minuman ringan, mesin ini mengeluarkan lembaran cerita pendek (cerpen).

Cerita yang dikeluarkan merupakan bacaan pendek yang dicetak di atas selembar kertas papirus ramah lingkungan dan tanpa biaya.

Pembaca hanya perlu memencet tombol dan mesin ini akan langsung mengeluarkan kertas berisi cerita yang siap dibaca.

Alih-alih mengeluarkan makanan atau minuman ringan, mesin ini mengeluarkan lembaran cerita. Short Edition Alih-alih mengeluarkan makanan atau minuman ringan, mesin ini mengeluarkan lembaran cerita.
Canary Wharf Group mengatakan pihaknya diminta untuk memasang mesin ini setelah survei yang dilakukan menemukan 36 persen orang dewasa di Inggris hanya membaca setidaknya satu buku pada tahun lalu.

Untuk sementara, mesin ini menyediakan "Tuan Robinson," sebuah cerita yang ditulis khusus oleh penulis Inggris Anthony Horowitz.

Cerita karya Horowitz ini dirancang untuk dibaca dalam waktu kurang dari satu menit. Dia berharap agar karyanya dapat dinikmati para pelancong.

"Saya selalu menyukai tantangan dari cerita pendek, menciptakan seluruh dunia hanya dalam beberapa halaman, "kata Horowitz.

Selain itu, ribuan kisah lainnya akan segera tersedia dengan satu sentuhan tombol. Nantinya pembaca juga dapat memilih cerita lain dengan durasi antara satu, tiga atau lima menit.

Pembaca juga dapat memilih cerita secara acak dengan genre yang disesuaikan mulai dari cerita kriminal, roman, serta karya penulis terkenal lain seperti Charles Dickens, Lewis Caroll, dan Virginia Wolf.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Reuters
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X