MRT Beroperasi Belum Pengaruhi Harga Sewa Menara Taspen

Kompas.com - 04/04/2019, 21:37 WIB
Ilustrasi ruang kerja Dok IKEA BusinessIlustrasi ruang kerja

JAKARTA, KOMPAS.com - Operasionalisasi moda raya terpadu ( MRT) Jakarta fase pertama belum memberikan pengaruh pada tingkat permintaan, hunian, dan harga sewa ruang perkantoran di sekitarnya.

Pengaruh MRT baru akan terasa setelah moda transportasi massal ini memiliki jangkauan wilayah operasional lebih luas.

Tak hanya menghubungkan wilayah selatan dan utara atau Lebak Bulus-Bunderan HI, melainkan juga kelak bila fase dua, dan tiga beroperasi yang mendekatkan jarak timur dan barat.

Paling tidak butuh waktu antara tiga sampai lima tahun untuk bisa merasakan pengaruh positif MRT pada peningkatan jumlah hunian perkantoran.

“Seberapa besar dampaknya tergantung pada seberapa luas jaringan MRT yang sudah terbangun. Jadi harapan kami dampak pembangunan MRT akan mulai terasa signifikan paling tidak mulai tiga sampai lima tahun mendatang,” ujar Direktur Utama PT Taspen Properti Bayu Utomo kepada Kompas.com, Kamis (4/4/2019).

Baca juga: Kehadiran MRT Jakarta Angkat Nilai Properti

Taspen Properti sendiri saat ini mengelola gedung perkantoran Menara Taspen di Jalan Jenderal Sudirman yang dilintasi jalur MRT.

Para karyawan yang bekerja di Menara Taspen bisa mengakses MRT dari Stasiun Dukuh Atas, dan Setiabudi.

Menara Taspen merupakan aset utama perusahaan dengan tingkat hunian per April 2019 mencapai 90 persen. 

“Tingkat hunian masih bertahan di 90 persen. Targetnya tahun ini naik menjadi 93 sampai 94 persen,” imbuh Bayu.

Adapun penyewa Menara Taspen, di antaranya Bank Muammalat, PT Multipiranti Mediadata, Zurich, Bank Sulteng, Bank BJB, EduTrain, Indomaret Point, dan INKA.

Dengan beroperasinya MRT, tak lantas membuat harga sewa menara yang dahulu dikenal sebagai Gedung Arthaloka ini, melonjak.

Menurut Bayu, harga sewa belum akan naik, karena pengaruh MRT Jakarta baru terasa dampaknya beberapa tahun ke depan.

Dari situs properti 99.com, harga sewa ruang kantor di Menara Taspen dimulai dari angka dasar (rental base) Rp 300.000 per meter persegi per bulan sebagai asking price.

Untuk diketahui, selain mengelola Menara Taspen, Taspen Properti yang merupakan anak usaha PT Taspen (Persero) saat ini tengah membangun apartemen Aspena Residence di Batu Ceper, Tangerang.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X