Tren Berubah, Perusahaan Besar Mulai Lirik "Co-Working Space"

Kompas.com - 04/04/2019, 16:14 WIB
Suasana diskusi dengan rekan kerja di co-working space. angelrealestate.co.thSuasana diskusi dengan rekan kerja di co-working space.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecenderungan pasar sewa co-working space atau ruang kerja bersama di Jakarta, kini mulai bergeser.

Tak hanya perusahaan rintisan, banyak juga perusahaan besar baik swasta maupun pelat merah yang ikut menyewa ruang kerja bersama semacam ini.

Menurut Senior Associate Director Colliers International Indonesia Ferry Salanto, fleksibilitas waktu dalam menyewa menjadi salah satu faktor kunci co-working space  digemari.

"Memang ada beberapa BUMN, karena renovasi, mereka mencari space yang bisa disewa kurang dari tiga tahun. Dan sekarang ini sudah terjadi pada Kuartal I-2019. Dimulai sejak akhir tahun lalu," kata Ferry di Jakarta, Selasa (2/4/2019).

Namun Ferry mengaku, belum ada catatan khusus terkait peralihan perusahaan besar dari kantor konvensional ke co-working space.

Baca juga: Pasokan Melimpah, Pebisnis Perkantoran Masih Menahan Harga Sewa

Meski demikian, tren menuju ke arah tersebut sudah mulai terlihat. Terutama bagi perusahaan yang ingin menyewa dalam jangka waktu pendek.

"Jadi perusahaan besar mencari fleksibilitas yang tidak harus terikat kontrak panjang. Bisa kapan saja masuk dengan jangka waktu yang mereka mau. Sehingga shifting itu terjadi," tutur Ferry.

Ruang kerja komunal Kolega.Dokumentasi Kolega Ruang kerja komunal Kolega.
Fenomena ini dikonfirmasi Public Relations Koléga Muhammad Abdillah. Menurut dia, Koléga saat ini telah menjadi mitra perusahaan-perusahaan besar skala lokal, nasional, dan internasional, baik swasta maupun BUMN.

Mereka tertarik untuk memanfaatkan ruang kerja bersama di Koléga, karena ekosistem, efisiensi, dan fleksibilitas yang ditawarkan.

Beberapa perusahaan besar tersebut adalah Badan Pengawas Obat dan Makanan (BP POM), PT Bank Mandiri Tbk, PT Telkomsel Indonesia, Microsoft, FWD, dan Bluebird Group.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X