Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyewa Kantor Pertimbangkan Kemudahan Akses Transportasi

Kompas.com - 04/04/2019, 11:37 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kemudahan akses transportasi dinilai menjadi salah satu faktor penting bagi calon penyewa dalam menentukan pilihan saat hendak menyewa ruang perkantoran.

Dengan beroperasinya Moda Raya Terpadu (MRT), ruang-ruang perkantoran di sepanjang koridor ini berpotensi lebih dilirik oleh para calon penyewa.

Senior Associate Director Colliers International Indonesia Ferry Salanto mengaku, hingga saat ini belum dapat memperkirakan dampak kehadiran MRT terhadap kenaikan tingkat okupansi dan harga sewa ruang perkantoran.

"Tapi memang office tenant memilih gedung kantor yang memberikan kemudahan transportasi untuk karyawannya. Bagaimana mengakomodasi kemudahan makan siang karyawannya. Nah itu akan menjadi salah satu nilai tambah," kata Ferry di Jakarta, Selasa (2/4/2019).

Baca juga: Kantor Kosong Tak Berpenghuni di Jakarta Utara Seluas 112 Hektar!

Adapun tingkat okupansi ruang perkantoran di kawasan pusat niaga Jakarta yang dilewati koridor MRT, saat ini tercatat 82,5 persen.

Namun, tingginya okupansi tidak menggambarkan kondisi pasar perkantoran di kawasan ini telah pulih.

Sebab, jumlah pasokan yang ada masih cukup tinggi. Sampai akhir tahun 2019, pasokan ruang perkantoran baru di kawasan ini mencapai 360.000 meter persegi.

Seiring bertambahnya pasokan sampai akhir tahun, okupansi diperkirakan turun menjadi 81,5 persen.

"Pada kuartal pertama 2019, Sequis Tower yang berada di kawasan Sudirman akan beroperasi, yang mengakibatkan akumulasi pasokan menjadi 6,35 juta meter persegi di kawasan ini," kata Ferry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com