Gedung Bertingkat akan Distempel Tak Patuh hingga Sangat Patuh

Kompas.com - 01/04/2019, 20:30 WIB
Ilustrasi konstruksi. RhumbixIlustrasi konstruksi.

JAKARTA, KOMPAS.com – Komite Keselamatan Konstruksi (KKK) akan memeriksa, dan mengevaluasi gedung bertingkat yang berada di wilayah Provinsi DKI Jakarta.

Langkah ini merupakan bagian dari tanggung jawab yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Pemeriksaan bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran dan keruntuhan bangunan seperti pada tahun 2018 dan 2019.

Dirjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin mengatakan, ada tiga unsur yang menjadi penilaian dalam pemeriksaan tersebut.

“Ketiga unsur tersebut yaitu komitmen, kelengkapan dokumen, dan komponen bangunan gedung,” ujar Syarif dalam jumpa pers di kantor Kementerian PUPR Jakarta, Senin (1/4/2019).

Dia menjelaskan unsur pertama yaitu komitmen pengelola gedung. Komitmen ini memiliki bobot 20 persen, yang  terdiri dari kelengkapan fungsi organisasi, jumlah sumber daya, kompetensi sumber daya, standard operational procedure (SOP), dan sistem evaluasi bencana.

Berikutnya, unsur kedua yakni kelengkapan dokumen perizinan yang berbobot 40 persen. Dokumen yang dimaksud yakni sertifikat laik fungsi (SLF), izin teknis, dan kelengkapan dokumen lainnya.

Kemudian, unsur ketiga adalah komponen bangunan gedung yang dibagi menjadi kesesuaian fungsi dan tata bangunan, aspek keselamatan, kesehatan, kemudahan, dan kenyamanan. Bobotnya secara keseluruhan sebesar 40 persen.

“Pemeriksaan itu menghasilkan penilaian. Tentunya penilaian ini ada yang hasilnya patuh, kurang patuh, dan sangat patuh. Ketiga hasil penilaian itulah yang akan diberikan oleh tim," ucap Syarif.

Adapun hasil penilaian itu terdiri dari lima kategori, yaitu Tidak Patuh bernilai 0-2, Kurang Patuh bernilai 2-4, Cukup Patuh bernilai 4-6, Patuh bernilai 6-8, dan Sangat Patuh bernilai 8-10.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X