Dua Ruas Tol Trans-Jawa Siap Dibuka Fungsional Saat Lebaran

Kompas.com - 28/03/2019, 17:44 WIB
Jalan Tol Pandaan-Malang Dok. PT Jasamarga Pandaan Malang Jalan Tol Pandaan-Malang

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua ruas Tol Trans-Jawa siap dibuka fungsional pada saat arus mudik dan balik Lebaran 2019 mendatang.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan, salah satu ruas yang siap beroperasi yakni Tol Pandaan-Malang.

"Seksi 1, 2, 3 sudah (beres)," kata Danang di Jakarta, Kamis (28/3/2019).

Tol Pandaan-Malang merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN) yang menjadi bagian dari Tol Trans-Jawa. Secara keseluruhan ada lima seksi di ruas tol ini.

Seksi 1 Pandaan-Purwodadi sepanjang 15,475 kilometer, Seksi 2 Purwodadi-Lawang sepanjang 8,05 kilometer, dan Seksi 3 Lawang-Singosari sepanjang 7,1 kilometer.

Baca juga: Tol Pontianak-Singkawang di Kalimantan Barat akan Dibangun

Kemudian, Seksi 4 Singosari-Pakis sepanjang 4,75 kilometer, dan Seksi 5 Pakis-Malang sepanjang 3,11 kilometer. Secara keseluruhan panjang tol ini mencapai 39,48 kilometer.

Untuk Seksi 1-3 saat ini pekerjaan konstruksi telah mencapai 99,17 persen. Sementara Seksi 4 dan 5 konstruksinya masih berjalan.

Ruas berikutnya yang siap untuk beroperasi yaitu Pasuruan-Probolinggo.

"Sebenarnya dari Bina Marga sudah ada kejelasan mengenai laik operasinya itu juga bisa," ujar Danang.

Tol Pasuruan-Probolinggo sepanjang 31,3 kilometer sebelumnya juga sudah dibuka fungsional selama musim mudik dan balik Natal dan Tahun Baru 2019.

Jalan tol yang dibangun dengan investasi Rp 4,6 triliun ini terdiri atas tiga seksi yaitu Seksi I Grati Pasuruan-Tongas, Seksi II Tongas-Probolinggo Barat dan Seksi III Probolinggo Barat-Probolinggo Timur.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X