Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Ruas Tol Trans-Jawa Siap Dibuka Fungsional Saat Lebaran

Kompas.com - 28/03/2019, 17:44 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua ruas Tol Trans-Jawa siap dibuka fungsional pada saat arus mudik dan balik Lebaran 2019 mendatang.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan, salah satu ruas yang siap beroperasi yakni Tol Pandaan-Malang.

"Seksi 1, 2, 3 sudah (beres)," kata Danang di Jakarta, Kamis (28/3/2019).

Tol Pandaan-Malang merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN) yang menjadi bagian dari Tol Trans-Jawa. Secara keseluruhan ada lima seksi di ruas tol ini.

Seksi 1 Pandaan-Purwodadi sepanjang 15,475 kilometer, Seksi 2 Purwodadi-Lawang sepanjang 8,05 kilometer, dan Seksi 3 Lawang-Singosari sepanjang 7,1 kilometer.

Baca juga: Tol Pontianak-Singkawang di Kalimantan Barat akan Dibangun

Kemudian, Seksi 4 Singosari-Pakis sepanjang 4,75 kilometer, dan Seksi 5 Pakis-Malang sepanjang 3,11 kilometer. Secara keseluruhan panjang tol ini mencapai 39,48 kilometer.

Untuk Seksi 1-3 saat ini pekerjaan konstruksi telah mencapai 99,17 persen. Sementara Seksi 4 dan 5 konstruksinya masih berjalan.

Ruas berikutnya yang siap untuk beroperasi yaitu Pasuruan-Probolinggo.

"Sebenarnya dari Bina Marga sudah ada kejelasan mengenai laik operasinya itu juga bisa," ujar Danang.

Tol Pasuruan-Probolinggo sepanjang 31,3 kilometer sebelumnya juga sudah dibuka fungsional selama musim mudik dan balik Natal dan Tahun Baru 2019.

Jalan tol yang dibangun dengan investasi Rp 4,6 triliun ini terdiri atas tiga seksi yaitu Seksi I Grati Pasuruan-Tongas, Seksi II Tongas-Probolinggo Barat dan Seksi III Probolinggo Barat-Probolinggo Timur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com