Kompas.com - 27/03/2019, 18:54 WIB
Cara Bertransaksi Tanpa Henti di Jalan Tol KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoCara Bertransaksi Tanpa Henti di Jalan Tol

KOMPAS.com - Teknologi Radio Frequency Identification (RFID) siap digunakan untuk mempermudah transaksi di jalan tol. Dengan RFID, diharapkan transaksi bisa dilakukan tanpa henti, dengan single lane free flow (SLFF).

PT Jasa Marga Tbk telah melakukan uji coba SLFF berbasis RFID. Rencananya, uji coba akan dilakukan selama tiga bulan sebelum akhirnya diberlakukan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika sistem ini diberlakukan, pengguna jalan tak perlu lagi membayar di gerbang tol dengan menghentikan kendaraan.

Pengguna cukup membeli stiker RFID melalui merchant yang telah bekerja sama dengan PT Jasamarga Tollroad Operation (JMTO).

Setelah itu, konsumen harus mengunduh aplikasi FLO yang saat ini baru terdapat di ponsel berbasis Android. Kemudian, isi data pribadi, nomor dan spesifikasi kendaraan untuk registrasi stiker RFID.

Tahapan berikutnya adalah melakukan sinkronisasi antara aplikasi FLO dengan stiker RFID. Bila sudah berhasil, langkah selanjutnya adalah melakukan pengisian saldo secara elektronik dengan memasukkan nomor tertentu.

Seperti apa? Lihat dalam infografik berikut:

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Cara Bertransaksi Tanpa Henti di Jalan Tol

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.