Mei 2019, Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi 1-3 Beroperasi

Kompas.com - 23/03/2019, 17:29 WIB
Jalan Tol Pandaan-MalangDok. PT Jasamarga Pandaan Malang Jalan Tol Pandaan-Malang

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini pengerjaan konstruksi Jalan Tol Pandaan-Malang seksi 1-3 telah mencapai 99,17 persen. Secara keseluruhan, Jalan Tol Pandaan-Malang ditargetkan beroperasi tidak lama lagi.

"Paling lambat awal Mei dari Seksi 1–3, sepanjang 30 kilometer. Seksi 4 pekerjaan konstruksi masih berjalan. Kalau bisa sekalian, lebih baik," ujar Direktur Utama PT Jasa Marga Tbk Desi Arryani dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (23/3/2019).

Desi menambahkan, pada salah satu seksi yakni di seksi 5 masih terdapat situs purbakala. Lokasinya, menurut Desi, berada di ujung jalan atau berada di 3 kilometer terakhir.

"Minggu depan akan difinalkan di BPJT, Kementerian PUPR, apa yang perlu kami lakukan. Situs tersebut kami harapkan ya dilestarikan saja sehingga seksi 5 bisa menjadi destinasi (wisata)," lanjut dia.

Struktur batu bata yang diperkirakan merupakan bekas bangunan paduraksa yang ditemukan dari proses ekskavasi di lokasi proyek Tol Pandaan-Malang seksi 5 kilometer ke-37 Dusun Sekaran, Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Kamis (21/3/2019). Ekskavasi oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur tidak diperpanjang dan berakhir hari ini.KOMPAS.com/ANDI HARTIK Struktur batu bata yang diperkirakan merupakan bekas bangunan paduraksa yang ditemukan dari proses ekskavasi di lokasi proyek Tol Pandaan-Malang seksi 5 kilometer ke-37 Dusun Sekaran, Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Kamis (21/3/2019). Ekskavasi oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur tidak diperpanjang dan berakhir hari ini.
Setelah beroperasi nanti, diharapkan Jalan Tol Pandaan-Malang menjadi bagian vital arus mobilisasi orang dan barang, serta mempercepat waktu tempuh dari Surabaya dan Malang.

"Selama ini, perjalanan dari Surabaya ke Malang di masa libur bisa mencapai empat hingga enam jam. Dengan melalui jalan tol ini, waktu tempuhnya bisa kurang dari satu jam," ucap Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM), Agus Purnomo.

Jalan Tol Pandaan-Malang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN). Jalan tol ini melintasi Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, dan Kota Malang.

Pengerjaan underpass exit Tol Pandaan - Malang di persimpangan Karanglo, Kabupaten Malang, Selasa (22/1/2019)KOMPAS.com/ANDI HARTIK Pengerjaan underpass exit Tol Pandaan - Malang di persimpangan Karanglo, Kabupaten Malang, Selasa (22/1/2019)
Jalan ini sendiri memiliki total panjang 38,488 kilometer yang terdiri dari lima seksi. Seksi 1 adalah Pandaan hingga Purwodadi sepanjang 15,475 kilometer.

Lalu, Seksi 2 Purwodadi-Lawang sepanjang 8,05 kilometer; Seksi 3 Lawang-Singosari sepanjang 7,10 kilometer; Seksi 4 Singosari-Pakis sepanjang 4,75 kilometer; dan Seksi 5 Pakis-Malang sepanjang 3,11 kilometer.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X