Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prospek Peringkat Wika Realty Tetap Stabil

Kompas.com - 22/03/2019, 21:02 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) memberikan peringkat idBBB kepada PT Wika Realty (WKTY) untuk surat utang jangka menegah (Medium Term Notes/MTN) IV/2016 Tahap II dan MTN IV/2016 Tahap I.

Peringkat ini tetap stabil dari rating yang dikeluarkan pada Desember tahun 2018 lalu.

"Namun peringkat tersebut dibatasi oleh struktur permodalan yang agresif dan kas yang lemah, proporsi pendapatan berulang yang rendah, dan sensitivitas terhadap perubahan ekonomi makro," tulis Pefindo.

Dalam laporannya, Pefindo menyertakan outlook stabil. Menurut dua analis Pefindo, Aryo Perbongso dan Agung Iskandar, peringkat tersebut menyebutkan pentingnya WKTY bagi perusahaan induknya, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA), dan juga kualitas aset, dan lokasi properti yang berbeda.

Untuk diketahui, tahun 2019 ini WKTY berencana mengembangkan empat hunian di Jakarta, Bandung, empat apartemen di Jakarta, tiga properti berkonsep TOD di Jakarta, serta area retail di Ciledug.

Baca juga: Lippo Karawaci di Mata Tiga Lembaga Pemeringkat

Selain itu pengembang pelat merah ini sedang mengembangkan beberapa proyek, antara lain Tamansari Grand Samarinda (rumah tapak), Tamansari Emerald Surabaya (apartemen), Tamansari Puri Bali II Depok (rumah tapak).

Ada pula proyek Tamansari Cendekia Semarang (apartemen), dan beberapa lainnya di Palembang, Bintaro, serta Bandung. 

Total kapitalisasi revenue seluruh proyek-proyek ini hampir mencapai Rp 100 triliun.

Melansir Kontan, untuk mendukung rencana ekspansi bisnis propertinya, WKTY akan menyiapkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp 5,4 triliun.

Dana tersebut akan yang berasal dari kas internal, fasilitas bank, dan dana yang berasal dari Initial Public Offering (IPO) yang direncanakan akan dilaksanakan pada semester I-2019.

Sementara pada tahun ini, WKTY membidik marketing sales atau penjualan pemasaran Rp 3,1 triliun. Target tersebut meningkat dua kali lipat dari realisasi pada tahun 2018 yang mencapai Rp 1,4 triliun. 

Per September 2018, sebesar 93,1 persen saham perusahaan dimiliki oleh WIKA, 6,8 persen saham milik Koperasi Mitra Satya, dan sebanyak 0,1 persen dimiliki oleh Yayasan Wijaya Karya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com