Hudson Yards, Mal Paling Hits di New York Resmi Dibuka

Kompas.com - 16/03/2019, 12:06 WIB
Area komersial baru di Hudson Yards, New York.Dezeen.com Area komersial baru di Hudson Yards, New York.

KOMPAS.com – Satu lagi fasilitas publik yang paling diperbincangkan dan viral di media sosial, dibuka secara resmi di Hudson Yards, New York, pada Jumat (15/3/2019).

Betapa tidak, area komersial multifungsi ini demikian fantastis. Tidak saja dilihat dari desain arsitekturalnya yang mencolok mata, namun besaran nilai investasinya yang menelan 25 miliar dollar AS atau ekuivalen Rp 355,7 triliun.

Untuk pusat belanjanya, terdiri dari toko dan restoran serta patung bernama Vessel karya Thomas Heatherwick.

Pengunjung bisa melihat fasilitas baru itu dari kejauhan karena tampak menjulang tinggi dengan dilapisi kaca yang seolah-olah menggantikan pemandangan hamparan langit di atasnya

Bangunan berlantai tujuh itu dirancang oleh biro arsitek Elkus Manfredi Architects. Salah satu peritel yang menempatinya adalah department store Neiman Marcus, sebagai penyewa utama.

Pusat perbelanjaan ini memiliki ruang yang disewakan seluas 67.000 meter persegi. Di dalamnya berisi lebih dari 100 toko dan hampir 85 persen sudah ditempati.

Sementara tu, patung karya seni setinggi 46 meter itu akan menyambut pengunjung sambil menikmati pemandangan Sungai Hudson di area sekitarnya.

"Kami belum pernah merancang yang seperti ini sebelumnya, dan mungkin tidak akan merancang yang seperti ini lagi," kata Stuart Wood dari Heatherwick Studio, Jumat (15/3/2019).

Dia memperkirakan pengunjung akan bertanya tentang konsep patung itu, tetapi dia akan menjawab bahwa itu bukan patung dan bukan bangunan, tetapi memiliki skala dan relevansi yang sama.

“Kami menganggap ini sebagai suatu barang. Penggunaannya akan berkelanjutan dan berkembang secara alami," imbuhnya.

Selain pembukaan patung Vessel, toko, dan restoran, Hudson Yards juga memiliki kompleks hunian di Gedung 35 Hudson Yards.

Struktur setinggi 307,5 meter itu didesain oleh David Childs dari Skidmore Owings and Merrill dan menyediakan ruang seluas 102.000 meter persegi. Seluas 5.600 meter persegi terdiri dari hotel, kantor, dan ritel di lantai dasar.

Adapun bangunan selanjutnya yaitu Gedung 50 Hudson Yards, yang dirancang oleh Norman Foster dari Foster + Partners.

Gedung perkantoran seluas 270.000 meter persegi ini nantinya memiliki ketinggian 308 meter dan berdiri di sebelah 30 Hudson Yards.

Secara keseluruhan, struktur bangunan karya Foster itu akan selesai pada tahun 2022.



Close Ads X