BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Polytron

Biar Enggak Salah Beli Kulkas, Baca Ini Dulu!

Kompas.com - 15/03/2019, 10:51 WIB
ilustrasi lemari esDok. Polytron ilustrasi lemari es

KOMPAS.com - Raut kebingungan tampak jelas di wajah Rissa (30) saat mengitari jajaran lemari es di sebuah toko perlengkapan elektronik

Hampir 30 menit ia bolak-balik membandingkan lemari es satu dengan lemari es yang lainnya. Namun, keputusannya untuk membeli tak satu pun jatuh pada lemari es yang berjajar tersebut. 

Ya, urusan membeli lemari es mungkin tampak sederhana, toh karena fungsinya sama saja, yaitu menjaga bahan makanan tetap dingin dan segar. 

Tapi dari apa yang dialami Rissa, membeli sebuah lemari es tidak sesederhana yang dipikirkan. Datang ke toko, pilih, kemudian bayar. 

Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika Anda berencana membeli sebuah lemari es.

1. Luas ruangan

Memiliki kulkas besar seperti yang ada pada tayangan masak memasak di televisi adalah sebuah impian. Namun jika kondisi dapur atau rumah Anda nyatanya tidak akseptabel, maka yang bisa dilakukan hanyalah mencari kulkas yang sesuai. 

Jadi, seperti yang dilansir dari Good House Keeping (11/2/2019), sebelum memutuskan membeli sebuah kulkas ada baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu luas ruangan yang dimiliki agar dapat menentukan model yang sesuai. 

Perlu diingat juga, Anda membutuhkan jarak setidaknya satu inci di semua sisi untuk sirkulasi udara, dan setidaknya jarak enam inci untuk membuka lemari es. 

2. Ruang penyimpanan pada lemari es

Masih dari laman Good House Keeping, kebutuhan bahan makanan sebuah keluarga dapat dilihat dari berapa banyak anggota yang terdapat di dalamnya. 

Semakin banyak anggota keluarga, maka semakin besar kebutuhan berbelanjanya, dan ruang penyimpanan berkapasitas besar kemungkinan sangat diperlukan untuk menyimpan bahan makanan yang dibeli.  

3. Kebiasaan makan sehari-hari

Apakah Anda sehari-harinya terbiasa mengolah bahan makanan segar untuk dikonsumsi? Atau Anda terbiasa dengan olahan makanan beku? 

Dengan menjawab kedua pertanyaan tersebut akan membantu Anda dalam menentukan lemari es yang dibutuhkan, sebagaimana dilansir dari HuffPost (01/13/2016). 

Jika Anda terbiasa mengonsumsi olahan makanan beku, maka yang Anda butuhkan adalah lemari es dengan kapasitas freezer memadai.

 Sementara itu, lemari es dengan kompartemen khusus dalam jumlah banyak akan sangat diperlukan oleh Anda yang terbiasa memasak bahan makanan segar. 

Apalagi jika Anda memiliki kebiasaan mengonsumsi minuman jus atau susu segar, maka kulkas yang dilengkapi dengan rak minuman akan sangat diperlukan. 

4. Desain yang sesuai

Fungsi lemari es tak hanya sebatas menjaga bahan makanan tetap segar. Dilansir kembali dari laman Good House Keeping (13/2/2019), lemari es juga dapat meningkatkan tampilan estetika dapur Anda. 

Hal tersebut semakin berlaku bagi Anda yang berencana merenovasi dapur namun terbentur kendala waktu dan biaya. 

Ada banyak produk lemari es di luar sana yang bisa mewakili pertimbangan-pertimbangan di atas. Salah satunya, New Belleza Inverter dari Polytron

Lemari es Polytron New Belleza Inverter hadir dalam tiga versi yang disesuaikan dengan kebutuhan.Dok. Polytron Lemari es Polytron New Belleza Inverter hadir dalam tiga versi yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Hadir dalam tiga versi, lemari es yang produknya bisa dilihat langsung www.polytronstore.com, sepertinya patut untuk Anda pertimbangkan. 

Seperti New Belleza Inverter PRS 460B. Lemari es berkapasitas 460 liter ini didesain khusus untuk menjawab kebutuhan rumah tangga yang menyukai gaya hidup minimalis. 

Ada pula New Belleza Inverter PRS 550T yang berkapasitas 550 liter. Lebih besar dari versi sebelumnya, lemari es ini memiliki tiga pintu dan sudah dilengkapi dengan Magic Fresh Room

Perlu diketahui, Magic Fresh Room adalah sebuah kompartemen penyimpanan yang mampu menjaga kesegaran makanan lebih lama. Mulai dari buah, sayuran, hingga makanan beku.

Atau New Belleza Inverter PRS 560X yang hadir dengan konsep ‘extra spacious’. Lemari es empat pintu ini sangat membantu Anda menyimpan segala jenis bahan makanan dalam jumlah banyak. 

Bayangkan jika Anda harus bolak balik belanja kebutuhan dapur dikarenakan ruang penyimpanan pada kulkas Anda tidak memadai. Sangat merepotkan, bukan? 

Hal seperti itu mungkin tidak akan terjadi jika Anda memiliki lemari es berkapasitas 550 liter ini. 

Dari segi kompartemen, lemari es ini dapat membantu Anda menyimpan segala jenis bahan makanan dalam jumlah banyak tanpa sesak, sehingga kesegarannya tetap terjaga. 

Bagaimana, sudah ada gambaran mengenai lemari es yang dibutuhkan?


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik: