Bumi Serpong Damai Raih Peringkat idAA- dari Pefindo

Kompas.com - 14/03/2019, 14:33 WIB
Kawasan Intermoda BSD Citydokumentasi Sinarmas Land Group Kawasan Intermoda BSD City

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) memberikan peringkat idAA- kepada PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) sebagai Perusahaan dan Obligasi Berkelanjutan Tahap I Seri C/2012, dan Obligasi Berkelanjutan II Tahap I Seri A dan Seri B/2016.

Emiten berkode BSDE ini juga mendapatkan status stabil untuk prospek atas peringkat perusahaan.

Merujuk laman Pefindo, selama tujuh tahun terakhir, peringkat BSDE cenderung stabil. Rating ini menunjukkan BSDE memiliki kemampuan kuat untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjang relatif terhadap obligor Indonesia lainnya.

"Sedangkan tanda minus (-) menunjukkan peringkat yang diperoleh relatif lemah pada masing-masing kategori peringkat," tulis Pefindo.

Selain itu, peringkat tersebut menegaskan posisi bisnis BSDE yang kuat di industri properti, dengan cakupan dan diversifikasi produk yang beragam.

Meski begitu, peringkat tersebut dibatasi oleh ketergantungan tinggi pada penjualan properti dan cenderung sensitif terhadap perubahan kondisi ekonomi makro.

Pefindo juga menegaskan, peringkat dapat dinaikkan jika BSDE konsisten mencapai target pertumbuhan pendapatannya dari ekspansi bisnisnya dan mengadopsi yang lebih banyak financial leverage yang konservatif.

Namun, peringkat dapat diturunkan jika pendapatannya jauh di bawah target dan atau financial leverage menjadi lebih agresif karena ekspansi yang didanai utang.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (14/3/2019), tahun ini BSDE membidik marketing sales sebesar Rp 6,2 triliun.

Capaian ini akan ditopang oleh proyek-proyek unggulan di segmen residensial dan komersial.

Sementara penjualan residensial diyakini akan menjadi kontributor utama marketing sales dengan persentase sebesar 56 persen dari nilai total.

Sedangkan sisanya, yakni 44 persen akan dikontribusikan untuk produk komersial seperti land plots, ruko, dan kondominium.

BSDE masih memiliki beberapa produk unggulan, antara lain BSD City, proyek kondominium The Elements, Southgate Residence TB Simatupang, dan Klaska Surabaya.

Dari proyek-proyek tersebut, BSD City diproyeksikan tetap menjadi kontributor utama marketing sales dengan porsi 66 persen, dan kontribusi Klaska Surabaya sebesar 15 persen.



Close Ads X