Melanggar Aturan Demi Kesan Minimalis

Kompas.com - 10/03/2019, 10:14 WIB
Berbagai pelanggaran pakem pada desain ruangan minimalis.Apartementtherapy.com Berbagai pelanggaran pakem pada desain ruangan minimalis.

KOMPAS.com - Hal unik dari interior desain yaitu sama seperti sebuah karya seni. Anda harus mempelajari segala aturannya untuk melanggarnya.

Banyak desainer interior yang justru akan memberitahu Anda untuk lebih berani ketika mendesain sebuah ruangan. Alih-alih menggunakan cara konvensional sesuai pakem yang sudah ada.

Sebenarnya, melanggar sedikit aturan bukan menjadi sebuah persoalan. Bahkan, Anda justru dapat menemukan sebuah hal menyenangkan ketika melaksanakannya.

Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan dari melanggar aturan untuk hunian minimalis Anda:

1. Warna gelap

Desainer interior dan pakar feng shui Aubrey Thorne menyebut, salah satu mitos pertama bagi hunian minimalis adalah larangan penggunaan warna gelap.

Sebab, ada anggapan cat cerah dapat memantulkan cahaya lebih baik sehingga membuat ruangan lebih luas.

"Yang penting adalah pencahayaan yang baik dan berlapis," kata Thorne.

Menurut dia, sepanjang sistem pencahayaan diletakkan di tempat yang tepat, penggunaan cat gelap sah-sah saja.

Hal yang perlu dipastikan yaitu tingkat pencahayaan yang berbeda-beda mulai dari langit-langit, ketinggian mata hingga dinding.

"Selama penerangannya bagus, warna dinding apapun bisa bekerja," ujarnya.

2. Penggunaan kursi untuk ruangan kecil

Banyak kalangan profesional yang setuju menjadikan kursi bersandaran rendah bukanlah pilihan tepat untuk ruangan minimalis. Tapi tidak oleh Charlie Worrall dari NGI Design.

Menurut dia, penggunaan kursi semacam ini dapat melengkapi gaya modern dan tradisional pada rumah Anda. Untuk pilihannya, Anda dapat menggunakan kursi Chesterfield atau bangku lain yang lebih kecil.

"Kursi-kursi ini dapat dirancang agar sesuai dengan gaya modern dan tradisional rumah dan tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran," kata Worrall.

3. Gunakan furnitur besar

Logikanya, ruangan kecil, furnitur yang harus digunakan juga harus kecil? Salah.

Interior Desainer dan Presiden Interior Marketing Group Cheryl Eisen mengatakan, banyak pihak berpikir menggunakan furnitur kecil di apartemen kecil akan membuatnya lebih terasa luas.

Padahal, penggunaan furnitur yang sedikit lebih besar juga bukanlah sebuah persoalan, sepanjang penataannya tepat. Apalagi bila didukung dengan karpet besar berwarna terang.

"Ukuran karpet akan menentukan ukuran ruang visual yang Anda. Jadi jangan takut menghadirkan barang yang sedikit besar di sini," kata Eisen.

4. Pakai furnitur vertikal semaksimal mungkin

Hanya karena punya ruangan terbatas bukan berarti Anda tidak boleh menggunakan rak buku tinggi yang menjulang ke langit-langit.

Anda bahkan tetap boleh memajang rak atau karya seni yang jaraknya hanya beberapa sentimeter dari langit-langit.

Hal yang perlu diingat adalah moderasi. Memadupadankan furnitur yang ada dengan furnitur yang lain tak akan membuat ruangan Anda semakin sempit.

 

 



Close Ads X