Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ruas Caruban-Madiun Dibuka Kembali, Tinggi Air Tinggal 5 Sentimeter

Kompas.com - 08/03/2019, 09:21 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (PT JNK) telah membuka kembali ruas Tol Caruban-Madiun sejak Jumat (8/3/2019) pukul 02.25 WIB. Ruas ini merupakan bagian dari Jalan Tol Ngawi-Kertosono.

Alasan dibukanya ruas tersebut karena genangan air yang mulai surut dengan ketinggian sekitar 5 sentimeter sehingga dianggap aman untuk dilalui kendaraan.

“Benar. Sudah surut. Tinggal sekitar 50 meter lagi yang tergenang, tingginya 5 sentimeter,” ujar General Manager Operasi dan Pemeliharaan PT JNK Charles Lendra saat dihubungi Kompas.com, Jumat (8/3/2019) pagi.

JNK telah mengatur dan memberi rambu-rambu petunjuk demi keamanan pengguna jalan di lokasi bekas genangan air dan akan terus mengawasi ketinggian air di jalur tol yang di sekitarnya tergenang air.

Genangan air sudah surut di Ruas Tol Caruban-Madiun.PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri Genangan air sudah surut di Ruas Tol Caruban-Madiun.

Selain itu, JNK akan menyiapkan sand bag (kantong pasir) untuk menahan masuknya air kembali ke dalam jalur tol.

Jika diperlukan, nantinya juga akan disiapkan mesin pompa air di titik genangan supaya air lebih cepat surut.

Kemudian,  pemantauan terhadap cuaca juga teru dilakukan sebagai upaya preventif untuk mencegah kejadian serupa.

Sebelumnya, akibat genangan air dari luapan Sungai Jeroan, Tol Caruban-Madiun dari Km 603+600 - Km 604+000 sempat terputus lebih dari 24 Jam lebih sehingga harus dilakukan pengalihan jalur dan pemberlakuan sistem contra flow.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com