"Seharusnya Kita Malu, Bangun Proyek Gede Tapi 'Software' Bajakan"

Kompas.com - 05/03/2019, 11:00 WIB
Ilustrasi smart home http://www.markzproperties.com/Ilustrasi smart home

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan piranti lunak atau software dinilai menguntungkan dalam mendukung pembangunan infrastruktur.

Terlebih bagi Indonesia yang kini tengah mengejar ketertinggalan demi meningkatkan daya saing dengan negara lain.

Country Manager Structures Division Trimble Solutions Representative Office Indonesia, Ajie Pamadaraji menilai, Indonesia menjadi salah satu pasar potensial bagi Tekla Structures di dunia.

Tekla merupakan contoh piranti lunak dalam teknologi Building Information Modelling (BIM).

Dengan piranti ini, seorang insinyur dapat bekerja sama lebih maksimal dalam merancang bangunan dengan modul tiga dimensi berikut penggunaan material yang dibutuhkan.

Sayangnya, masih banyak pemain industri konstruksi yang belum melihat keuntungan memiliki software ini.

Baca juga: Dengan BIM, Konstruksi Infrastruktur Lebih Cepat Kelar

Meskipun, Presiden Joko Widodo, sebut dia, telah mendorong penggunaan BIM dalam pembangunan proyek infrastruktur agar lebih efisien.

"Paradigma di Indonesia, dari pada beli software mahal, lebih baik mereka beli mobil saat ini. Tapi kami mengedukasi orang-orang Indonesia, seperti ditekankan Presiden, seharusnya kita malu, membangun proyek gede tapi menggunakan software bajakan," kata Ajie dalam wawancara khusus dengan Kompas.com, Senin (4/3/2019).

Namun begitu Ajie tak menampik, harga lisensi piranti ini cukup mahal yakni sekitar 30.000 dollar AS atau ekuivalen Rp 424,26 juta (kurs 1 dollar = Rp 14.142).

Namun, bila dibandingkan dengan investasi mega proyek yang hendak digarap, nilainya tidak terlalu besar.

Sejauh ini, Trimble telah bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam mengaplikasikan piranti ini pada proyek konstruksi milik pemerintah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X