Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jendela Gedung Tertinggi di San Francisco Dilaporkan Retak

Kompas.com - 03/03/2019, 21:56 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jendela di gedung tertinggi San Francisco dilaporkan retak. Pemilik bangunan menemukan dua jendela retak di Salesforce Tower, tepatnya di lantai 12 dan 14.

Gedung pencakar langit yang baru selesai dibangun itu merupakan struktur tertinggi di San Francisco.

Pihak berwenang hingga kini belum menentukan penyebab kerusakan pada panel interior jendela. Pemilik gedung, Boston Properties saat ini baru melakukan penyelidikan untuk mengungkap penyebabnya.

Kerusakan pada struktur gedung di kota ini pernah terjadi sebelumnya. Bahkan berita tentang retaknya kaca jendela Salesforce Tower terjadi selang beberapa bulan setelah pekerja menemukan adanya balok retak di dek lantai tiga dari Salesforce Transit Center.

Baca juga: Dek Observatorium One WTC Dibuka Gratis Bagi Korban 11/9

Selain itu, masalah kerusakan bangunan lain di San Francisco juga terjadi di Millenium Tower yang berjarak kurang dari satu blok dari Salesforce Tower.

Terminal yang dibangun kembali sejak tahun 2011 ini dirancang oleh firma arsitektur Pelli Clarke Pelli.PELLI CLARKE PELLI ARCHITECTS Terminal yang dibangun kembali sejak tahun 2011 ini dirancang oleh firma arsitektur Pelli Clarke Pelli.
Kondisi gedung ini tenggelam dan miring. Sebelumnya warga menemukan adanya retakan di dinding tempat parkir serta lantai yang mengelembung karena lembab pada 2015.

Tiga tahun kemudian, seorang pemilik apartemen di lantai 36 menemukan celah besar pada jendelanya.

Menanggapi hal ini, pihak berwenang menyatakan kerusakan ini disebabkan oleh faktor eksterior bangunan.

Kemudian pada hari yang sama warga mendengar adanya serangkaian suara berderit yang diikuti dengan letupan keras. Namun pihak berwenang tidak pernah mengatakan penyebab kerusakan-kerusakan itu.

Seorang juru bicara Departemen Inspeksi Bangunan kota mengatakan, tidak ada alasan yang yang bisa mengaitkan kerusakan jendela dengan masalah struktural.

Meski demikian, tetap ada kekhawatiran tentang kondisi lahan di ketiga gedung tersebut.

Sebaliknya, perusahaan properti di balik Millenium Tower, Millenium Partners mengatakan, para pekerja konstruksi memompa banyak air tanah saat membangun Salesforce Transit Center.

Hal ini kemudian menyebabkan pasir mengompres dan kondisi menara menjadi tenggelam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com