JD-Rakuten Berkongsi Gunakan "Drone" untuk Pengiriman Barang

Kompas.com - 26/02/2019, 19:56 WIB
Drone JD techcrunch.comDrone JD

KOMPAS.com - Peritel asal China, JD dan perusahaan e-commerce  Jepang, Rakuten berkolaborasi dalam mengembangkan solusi pengiriman tanpa awak.

Nantinya Rakuten akan memanfaatkan drone dan robot milik JD dalam jasa pengiriman barang di Jepang.

Selain drone, robot otomatis juga akan digunakan dalam layanan pengiriman tanpa awak yang diluncurkan oleh Rakuten pada 2016.

Baca juga: Society 5.0, Solusi Jepang Atasi Defisit Penduduk dan Infrastruktur

Sebelumnya, JD sudah mengenalkan teknologi pengiriman barang tanpa awak pada 2016 silam.

Pada 2018, percobaan pengiriman dilakukan dengan memanfaatkan drone dan robot khusus pengirim barang. Hal ini merupakan inovasi dalam sektor logistik di negara tersebut.

"Kami senang memulai kolaborasi dengan JD, yang akan menawakanjaringan pengiriman palilng mutakhir di China serta rekam jejak dan pengetahuan dalam pengiriman dengan drone dan UGV," kata Group Managing Executive Officer Rakuten, Koji Ando.

Dia berharap hal ini juga bisa mempercepat inovasi di sektor logistik Jepang dan berkontribusi untuk membangun masyarakat.

JD mulai mengembangkan program drone pada 2015 dan meluncurkan pengiriman tanpa awak pertamanya pada 2016 di pedesaan China.

Saat ini perusahaan itu telah mengoperasikan drone di Jiangsu, Shaanxi, dan provinsi-provinsi lainnya.

Sejak saat itu, drone milik JD telah mencatatkan waktu lebih dari 400.000 menit penerbangan.

Pada bulan Januari ini, perusahaan mengumumkan persetujuan penerbangan e-commerce  oleh pemerintah Indonesia. Hal ini tentunya membuka pintu untuk penggunaan drone secara komersial di Asia Tenggara.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X