Rumah Lelang Sotheby’s Direnovasi

Kompas.com - 26/02/2019, 13:36 WIB
Rumah Lelang Sotheby?s.Dezeen.com Rumah Lelang Sotheby?s.

 

KOMPAS.com - Perusahaan arsitektur OMA mengungkapkan rencana untuk merenovasi galeri Sotheby’s di New York.

Bersama mitranya, Shohei Shigematsu, mereka akan memperbarui dan memperluas rumah lelang berskala internasional yang terletak di Upper East Side, Manhattan, itu.

Perombakan itu bakal menambah ruang galeri dari 6.224 meter persegi menjadi lebih dari 8.361 meter persegi.

Jika sudah selesai nanti, secara total akan ada 40 ruang galeri yang terdapat di empat lantai. Shigematsu bertugas merancang ruang galeri itu dengan berbagai ukuran dan bentuk yang disesuaikan dengan jenis karya seni yang dipamerkan. Ukuran terkecilnya yaitu 33 meter persegi.

"Kami ingin mewujudkan ambisi untuk menghidupkan kembali Sotheby’s dan memberi pengalaman baru kepada pengunjung melalui pengaturan dan pengelompokan ruang galeri secara fleksibel," kata Shigematsu, seperti dilansir Dezeen, Selasa (26/2/2019).

Dalam rancangannya, ada tiga jenis ruangan dengan ukuran yang berbeda, yaitu ruang setinggi 6 meter untuk memamerkan karya seni berukuran besar, Grand Galery sepanjang 45 meter untuk memamerkan aneka koleksi benda seni, dan beberapa galeri berbentuk huruf L untuk menampilkan karya seni berukuran kecil dan berbahan kertas.

Untuk area publik, nantinya ditempatkan di lantai dasar sebagai bagian dari usaha untuk meningkatkan perhatian masyarakat untuk menyukai benda-benda karya seni.

"Galeri baru ini dirancang lebih terbuka kepada publik. Selain itu, berbagai hasil karya dan program yang berhubungan dengan masyarakat akan dipamerkana di lantai bawah supaya lebih banyak orang yang tahu," ujar Shigematsu.

Selain 40 galeri publik yang disebutkan tadi, ada pula sembilan galeri lainnya yang akan digunakan untuk penjualan barang-barang pribadi dan rahasia, serta dua galeri lagi yang fleksibel untuk diatur menjadi tempat pelelangan.

Perbaikan rumah lelang Sotheby’s ini juga mencakup Sant Ambroeus Coffee Bar dan papan reklame digital yang dibuat oleh agensi 2x4.

Renovasi dan perluasan ini direncanakan sudah selesai pada 3 Mei 2019. Sebab, pada tanggal itu Sotheby’s akan menggelar pameran dan lelang Impressionist, Modern and Contemporary Art.



Close Ads X