Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Megahnya "Dolby Theatre", Lokasi Pergelaran Piala Oscar

Kompas.com - 25/02/2019, 11:42 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Jutaan pasang mata menaruh perhatian pada pergelaran Academy Awards 2019 yang diselenggarakan di Dolby Theatre, Los Angeles, California, Amerika Serikat, pada Minggu (24/2/2019) malam waktu setempat atau Senin (25/2/2019) pagi WIB.

Selain melihat para bintang film favorit, orang juga bisa menyaksikan rangkaian perhelatan yang digelar di gedung megah tersebut. Dolby Theatre sebelumnya dikenal dengan nama Kodak Theatre.

Ruang serba guna ini dirancang khusus untuk siaran langsung suatu pertunjukan dan merupakan rumah bagi penyelenggaraan Academy Awards.

Desain gedung pertunjukan ini merupakan hasil karya David Rockwell dari Rockwell Group. Sebelumnya, dia melakukan riset dan perencanaan yang matang sehingga menghasilkan rancangan ruangan termutakhir.

Di dalam teater seluas 16.722 meter persegi ini terdapat satu panggung berukuran panjang 75 meter dan lebar 45 meter yang disebut sebagai salah satu panggung terbesar di Amerika Serikat.  

Dilengkapi dengan sistem tata panggung terbaru, venue ini dapat menampung produksi teater Broadway berskala besar serta grup teater dari berbagai jumlah personel dan gaya.

Teater ini juga disebut menampilkan tata suara paling canggih di dunia yang dilengkapi dengan 215 pengeras suara.

Selain itu, teater ini juga memiliki fasilitas Dolby Atmos, yaitu pemutaran suara yang memberi pengalaman sensorik alami, seperti yang tersedia di bioskop.

Dolby Theatre.Theatre Projects Dolby Theatre.

Gedung ini juga bisa mengakomodasi berbagai pertunjukan sepanjang tahun berkat sistem pengaturan tempat duduk yang fleksibel.

Untuk satu pertunjukan langsung bisa menampung hingga 2.000 orang, sedangkan untuk acara penghargaan Oscar bahkan kapasitasnya bisa diatur mencapai 3.500 orang.

“Kami telah bekerja keras dengan para pembuat film berbakat untuk menciptakan pengalaman menonton pertunjukan yang tak terlupakan. Memindahkan sensasi menonton dari bioskop ke rumah, Dolby akan terus memberi pengalaman baru dalam dunia hiburan,” ujar seorang sumber di Dolby Theatre.

Sejak pertama kali dibuka pada 9 November 2001, kecanggihan sistem tata suara dan pengaturan interior gedung ini membuat proses perekaman suatu acara menjadi lebih sempurna.

Selain itu, para penggemar dan pengamat film di seluruh dunia bisa menyaksikan berlangsungnya acara penghargaan Oscar melalui televisi dengan kualitas gambar dan tata suara yang prima.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com