Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Basuki Dijadwalkan Membuka 3 Rusunawa di Pekalongan

Kompas.com - 23/02/2019, 09:19 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

PEKALONGAN, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dijadwalkan meresmikan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Universitas Pekalongan (Unikal), Sabtu(23/2/2019).

Peresmian ini dilaksanakan bersamaan dengan peresmian Rusunawa Pondok Pesantren Yayasan Madrasah Islamiyah dan Ponpes Modern Gondang di Kabupaten Pekalongan.

Rencananya, dalam peresmian ini Basuki akan didampingi Dirjen Penyediaan Perumahan Khalawi Abdul Hamid, Dirjen Sumber Daya Air Hari Suprayogi, dan Sekretaris Dirjen Bina Konstruksi Dewi Chomistriana.

Rusunawa Unikal dibangun dalam kurun waktu 229 hari oleh Satuan Kerja Pengembangan Perumahan Direktorat Rumah Susun Ditjen Penyediaan Perumahan pada 2018 lalu.

Terdapat 50 unit rusun yang dibangun dengan tipe 24 setinggi empat lantai, dimana setiap kamar terdapat dua tempat tidur susun.

Baca juga: [POPULER PROPERTI] Perubahan Skema Subsidi dan Cara Ngukur Jalan

Masing-masing kamar juga dilengkapi dengan lemari dan meja belajar untuk menunjang kegiatan belajar mahasiswa selama menempuh pendidikan di universitas tersebut.

Adapun untuk kamar mandi terletak pada sayap kiri dan kanan bangunan di setiap lantai. Pada setiap kamar mandi terdapat empat bilik shower dan toilet yang dibuat terpisah.

Selain itu juga terdapat dua unit kamar khusus difabel yang didedikasikan bagi mahasiswa berkebutuhan khusus.

Untuk memudahkan mereka, kamar mandi terletak di dalam kamar. Selain itu, berbeda dengan kamar umumnya, untuk kamar tipe ini hanya terdapat dua kasur berukuran cukup besar.

Keunikan dari rusun yang dibangun dengan anggaran Rp 14,8 miliar oleh PT Brantas Abipraya (Persero) ini adalah konsep milenial yang diusung. Konsep tersebut terlihat dari fasad bangunan yanh sengaja didesain warna-warni.

Di samping itu, rusunawa yang dapat memuat 200 orang mahasiswa, dimana empat di antaranya dikhususkan bagi penyandang disabilitas ini juga memiliki ruang prasarana umum yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk melakukan aktivitas kreatifnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com