Kompas.com - 19/02/2019, 21:12 WIB
Terowongan Nanjung Kementerian PUPRTerowongan Nanjung

BANDUNG, KOMPAS.com - Pembangunan Terowongan Nanjung di Desa Nanjung, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung ,ditargetkan rampung akhir Desember 2019.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terowongan tersebut akan digunakan untuk mempercepat aliran air di Sungai Citarum sehingga meminimalisasi banjir di sejumlah wilayah.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan Terowongan Nanjung merupakan salah satu program pengendalian banjir yang dilakukan pemerintah pusat bekerja sama dengan pemerintah daerah Jawa Barat.

"Ini semua merupakan program Citarum Harum dari segi engineering, dari segi rekayasa struktural," kata Basuki usai meninjau lokasi, Selasa (19/2/2019).

Terowongan Nanjung terdiri atas dua bagian dengan panjang masing-masing mencapai 230 meter dan diameter delapan meter.

Baca juga: Jawa Barat, Antara Budaya Jaipong, Sampah, dan Kotornya Citarum

Terowongan yang digarap PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk KSO ini menelan anggaran Rp 352,9 miliar.

"Sekarang masih 21 persen, ini akan diselesaikan paling lama Desember 2019. Tapi ini akan tembus bulan Juni," sebut Basuki.

Kehadiran terowongan ini dapat meningkatkan kapasitas Sungai Citarum di wilayah Nanjung yang semula 570 meter kubik per detik menjadi 643 meter kubik per detik.

Menteri PUPR saat meninjau proyek Terowongan Nanjung di Desa Nanjung, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung, Selasa (19/2/2019).Kementerian PUPR Menteri PUPR saat meninjau proyek Terowongan Nanjung di Desa Nanjung, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung, Selasa (19/2/2019).

Manfaat lain dari terowongan ini adalah memperlancar aliran Sungai Citarum di Curug Jompong dan mengurangi durasi dan luas genangan yang sering terjadi pada saat musim hujan di Kecamatan Dayeuhkolot dan sekitarnya.

"Dengan adanya ini, dia turun 3-4 meter sehingga itu lebih cepat mengalir ke Cirata dan menarik air yang banjir di Dayeuhkolot," tambah Basuki.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.