Bakal Gedung Paling Jangkung di Albania Berfasad Piksel

Kompas.com - 16/02/2019, 21:12 WIB
Gedung Downtown One di Tirana, Albania.Dezeen.com Gedung Downtown One di Tirana, Albania.

KOMPAS.com – Perusahaan arsitektur Belanda MVRDV merancang sebuah gedung pencakar langit di Kota Tirana, Albania, berfasad piksel.  

Gedung itu didesain sebagai bangunan tertinggi di negara tersebut karena menjulang 140 meter. Sebelumnya, gedung paling jangkung di sana bernama Rajfi Residence setinggi 91 meter.

Konstruksi bangunan yang diberi nama Downtown One itu telah dimulai. Lokasinya terletak di Bajram Curri Boulevard yang merupakan jalur utama di antara bagian timur ke barat kota. Posisinya bakal menghadap ke Skanderbeg Square.

MVRDV merancang gedung tersebut terdiri dari unit hunian dan area komersial. Beberapa di antaranya didesain agak keluar dari fasad bangunan.

Jika dilihat dari jauh, unit-unit kantilever itu menyerupai peta Albania dalam bentuk piksel. Setiap piksel mewakili kota atau desa yang berbeda sehingga para penghuninya bisa mengenali hunian mereka masing-masing.

"Albania telah jauh berkembang. Negara ini menjadi yang termiskin di Eropa 10 tahun yang lalu. Namun, sekarang semakin maju melalui perbaikan perekonomiannya dengan energi dan ambisi yang tinggi. Kami pun ingin mengungkapkan semangat itu lewat gedung ini," kata Winy Maas, pendiri MVRDV, seperti dilansir Dezeen, Sabtu (16/2/2019).

Gedung Downtown One di Tirana, Albania.Dezeen.com Gedung Downtown One di Tirana, Albania.

Downtown One dirancang 37 lantai, mencakup pertokoan dan restoran di lantai dasar. Kemudian, 18 lantai di atasnya diisi perkantoran dan 18 lantai di atasnya lagi berisi hunian. Secara keseluruhan, akan tersedia ruang seluas 77.000 meter persegi.

Secara visual, unit yang fasadnya berpiksel itu didesain petak, dengan jendela berbentuk persegi panjang yang dibagi oleh bingkai tebal.

Beberapa unit akan memiliki teras terbuka sehingga memungkinkan ditanami tumbuhan hijau yang langsung menghadap ke luar.

Arsiteknya berharap desain tersebut akan menimbulkan suasana perdesaan vertikal, di mana para penghuninya bisa saling bertemu dan berkomunikasi.

Sementara itu, taman dan area bermain akan dibangun di pinggir jalan, sedangkan tempat parkir diposisikan di lantai dasar.

MVRDV menargetkan gedung Downtown One ini akan selesai dibangun pada tahun 2024.




Close Ads X