Kompas.com - 13/02/2019, 16:02 WIB
Rest area di KM 519 A Tol Solo-Ngawi. Dokumentasi JMPRest area di KM 519 A Tol Solo-Ngawi.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasamarga Properti (JMP) akan mengelola 35 tempat istirahat atau rest area di seluruh jalan tol yang dibangun induk usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk hingga 2021 mendatang.

Dari total jumlah rest area tersebut, 31 di antaranya dapat dimanfaatkan pengguna jalan tol sebelum perhelatan mudik Lebaran 2019.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara 4 rest area lainnya merupakan pengadaan baru menyusul pembangunan Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi sepanjang 172,90 kilometer.

Jalan bebas hambatan yang menghubungkan Kabupaten Probolinggi, dan Kabupaten Banyuwangi ini merupakan bagian dari Jalur Tol Trans-Jawa yang membentang 1.150 kilometer.

Direktur Teknik JMP Tita Paulina Purbasari menuturkan, ruas tol terakhir Probolinggo-Banyuwangi akan dilengkapi 4 buah fasilitas rest area Tipe A dan B atau Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) dan Tempat Istirahat (TI).

Baca juga: Tahun Ini, Jasa Marga Garap Empat Ruas Tol Baru

"Ongkos konstruksi untuk membangun rest area ini sama dengan yang sudah beroperasi dan tengah dalam konstruksi yakni sekitar Rp 4 juta per meter persegi. Ini di luar penghitungan inflasi dalam dua tahun ke depan, saat tol tersebut mendekati masa operasional," tutur Tita kepada Kompas.com, Rabu (13/2/2019).

Ada pun rincian ke-31 rest area yang sudah beroperasi dan masih dalam masa konstruksi tersebut, 27 di antaranya berada di koridor Jalan Tol Trans-Jawa.

Rest area yang dikelola PT Jasamarga Properti di koridor Jalan Tol Trans-Jawa.Dokumentasi JMP Rest area yang dikelola PT Jasamarga Properti di koridor Jalan Tol Trans-Jawa.
Sementara 4 lainnya berlokasi di Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebingtinggi, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, dan Jalan Tol Manado-Bitung.

Direktur Keuangan JMP Dian Takdir Bardsyah menambahkan untuk membangun ke-31 rest area tersebut, JMP menginvestasikan dana sekitar Rp 1,1 triliun hingga Rp 1,2 triliun.

"Per satu rest area, ongkos konstruksinya lebih kurang Rp 4 juta per meter persegi," ungkap Dian.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.