Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bekas Stasiun Diubah Jadi Obyek Wisata Kuliner

Kompas.com - 13/02/2019, 10:30 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber designboom

KOMPAS.com - Bekas stasiun metro di Paris akan diubah menjadi kawasan wisata kuliner. Stasiun yang berada di bawah Jalan Raya Croix-Rouge ini telah lama terbengkalai. 

Proyek ini dikembangkan oleh perusahaan investasi, Novaxia, sementara desain ulang kawasan stasiun metro ini dimenangkan oleh firma SAME Architectes. Dalam rancangannya, SAME mengubah fungsi stasiun menjadi kawasan kuliner.

Baca juga: Megahnya Hakata, Stasiun Rasa Pusat Belanja

Peron di sebelah selatan akan berubah fungsi menjadi restoran dan barSAME Architectes Peron di sebelah selatan akan berubah fungsi menjadi restoran dan bar
Konsep ini bertujuan untuk menciptakan kembali Paris, mengeksplorasi ruang-ruang bawah tanah di kota itu, serta menawarkan pengalaman unik bagi pengunjung.

"Transformasi tempat ini bertujuan untuk mengenalkan kembali arsitektur, budaya, dan lambang kota," ujar SAME Architectes seperti dilansir dari situsnya.

Transformasi stasiun yang dibangun di kedalaman sembilan meter ini dibagi menjadi dua konsep. Pada peron bagian utara akan diisi peritel makanan seperti kafe, toko anggur, yang menyediakan kuliner dan bahan makanan lokal.

Stasiun ini merupakan terminal pertama dari jalur 10 Paris Metro. SAME Architectes Stasiun ini merupakan terminal pertama dari jalur 10 Paris Metro.
Sementara peron di sebelahnya akan berubah fungsi menjadi restoran dan bar. Uniknya, peritel di peron sebelah selatan ini akan menggunakan bahan makanan yang dijual di area sebelahnya.

Stasiun ini merupakan terminal pertama dari jalur 10 Paris Metro. Bangunan ini dibuka pada 1923 dan hanya beroperasi selama 17 tahun.

Setelahnya, stasiun ditutup bersamaan dengan masuknya dalam Perancis dalam Perang Dunia II. Sejak saat itu, stasiun ini tidak pernah dibuka kembali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber designboom
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com