Chaco, Hotel yang Mirip Situs Warisan Dunia UNESCO

Kompas.com - 11/02/2019, 14:00 WIB
Hotel ChacoHotel Chaco Hotel Chaco

KOMPAS.com - Chaco Canyon adalah salah satu situs warisan bersejarah UNESCO yang menjadi pusat peradaban Pueblo dari tahun 850 hingga 1250 sebelum masehi. Situs ini masih menjadi rumah bagi reruntuhan penting peradaban Pueblo.

Pueblo merupakan salah satu suku asli daratan Amerika. Mereka tinggal di sebuah struktur batu yang mirip dengan bangunan apartemen saat ini.

Struktur peninggalan Pueblo inilah yang menjadi inspirasi dari firma Gensler saat merancang Hotel Chaco di Alberquerque, New Mexico.

"Usaha kami untuk mengapresiasi tempat bersejarah di Chaco Canyon, kami menghabiskan dua hari untuk mendaki taman ini dan mengunjungi 12 Pueblo Besar," ujar desainer di Gensler, Kristen Fraumeni.

Reruntuhan bangunan peninggalan PuebloHotel Chaco Reruntuhan bangunan peninggalan Pueblo
Reruntuhan Chaco Canyon selaras dengan semesta. Oleh karena itu, Gensler mendesain struktur hotel yang sejajar dengan arah matahari dan bulan.

Sementara fasad bangunan dibalut dengan lapisan batu pasir yang mudah ditemukan di sekitar wilayah New Mexico.

"Kami terinspirasi dari lanskap New Mexico dan menginginkan material tersebut untuk mencerminkan palet warna alami ini," ujar Fraumeni.

"Selain itu, material yang dipilih merupakan bahan lokal yang mudah ditemukan," lanjut dia.

Hotel ChacoHotel Chaco Hotel Chaco

Lobi dibangun dengan bentuk bundar yang merefleksikanarsitektur khas di Chaco Canyon. Elemen tradisional lain yang diterapkan adalah viga dan lattila pada atap.

Viga merupakan balok kayu yang digunakan pada arsitektur di wilayah barat daya Amerika. Balok kayu ini menopang lattila atau struktur kayu melintang di atasnya.

Pada bagian atas rangka atap tersebut ditempatkan genting sebagai penutup bangunan.




Close Ads X