Pamer Pencapaian, Kementerian PUPR 4.0 Expo Resmi Dibuka

Kompas.com - 11/02/2019, 13:26 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam pembukaan PUPR 4.0 Expo di Jakarta, Senin (11/2/2019).KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEA Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam pembukaan PUPR 4.0 Expo di Jakarta, Senin (11/2/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar PUPR 4.0 Expo di Lobby Gedung Utama, Jakarta, pada 11 Februari sampai 15 Maret 2019.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, acara ini merupakan ajang memperlihatkan pencapaian masing-masing direktorat jenderal dan unit organisasi di Kementerian PUPR serta menguji kecanggihan teknologi dan informasi yang digunakan.

“Ini unjuk kinerja sekaligus mengevaluasi seberapa canggihnya PUPR ini memanfaatkan fasilitas informasi teknologi yang sudah berkembang pesat. Kalau organisasi lain sudah banyak sekali kita mendengar dan mendapatkan informasi, tapi apa yang sudah kita lakukan,” ujar Basuki dalam sambutannya di kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Senin (11/2/2019).

Dia menambahkan, melalui pameran ini juga bisa diketahui proses pengadaan suatu proyek infrastruktur mulai dari awal sampai akhir, misalnya dari pembukaan tender proyek hingga pelaksanaannya di lapangan.

“Jadi kita tidak hanya tender atau pelaksanaan fisik sehingga intelectual exercise kita terus berjalan karena tidak hanya melalui pelatihan, tapi juga diskusi sehingga tahu apa yang harus kita lakukan,” ucap Basuki.

Sebagai contoh, kata Basuki, kita bisa mengetahui sejauh mana pengembangan Integrated Road Management System (IRMS) yang dilakukan oleh Ditejn Bina Marga untuk suatu ruas jalan nasional, kondisi, dan kemantapannya.

Menurut dia, perkembangan teknologi 4.0 tentunya berhubungan dengan internet. Namun, bukan berarti akan mengabaikan sumber daya manusia (SDM). Justru nantinya membutuhkan SDM yang  andal untuk menciptakan sistem yang canggih.

“Bukan berarti 4.0 ini meniadakan SDM, justru butuh SDM yang lebih andal. Enggak mungkin robot akan menggantikan manusia. Enggak mungkin karena 4.0 terus PU enggak menerima pegawai. Kan enggak mungkin yang jadi menterinya robot,” imbuh Basuki sambil berkelakar.

Dia menuturkan, pameran ini sebagai ajang evaluasi internal, di mana para pesertanya bisa berdiskusi serta bertukar ide dan informasi dalam berbagai bidang, misalnya monitoring bendungan di Ditjen Sumber Daya Air.

Dia berharap, jika semua karyawan Kementerian PUPR sudah saling mengetahui apa yang dikerjakana di setiap ditejn dan unit organisasi, nantinya bisa memengaruhi program dan kinerja bersama ke depan.




Close Ads X