Seniman Jerman Renovasi Gedung dengan Lego

Kompas.com - 10/02/2019, 21:02 WIB
Jan VormannJan Vormann / VG Bild Jan Vormann

KOMPAS.com - Lego ternyata tak hanya mainan klasik yang digemari anak-anak. Di tangan seniman asal Jerman, Jan Vormann, Lego dapat diubah menjadi material untuk memperbaiki kerusakan struktur. 

Vormann mencari sisi bangunan yang rusak dan mengisinya dengan potongan Lego yang terbuat dari plastik.

Hasilnya, sisi yang awalnya tak menarik menjadi berwarna. Dilansir dari Appartment Therapy, proyek kreatifnya ini diberi nama Dispatchwork.

Baca juga: Serba Alami, Sekolah Ini Dibangun dari Campuran Singkong

Karyanya dapat dilihat di hampir seluruh dunia, mayoritas berada di celah-celah sempit atau dinding lama yang sudah retak. Seniman ini telah mengunjungi lebih dari 40 kota di seluruh Eropa, Asia, hingga Asia.

-Jan Vormann / VG Bild -

Potongan Lego tersebut tidak hanya "menambal" kerusakan dinding atau struktur namun juga memberi tampilan arstistik lain.

Beberapa instalasi yang dibuatnya dibangun dari potongan mainan dengan berat mencapai 10 kilogram.

Seniman ini menggambarkan karyanya sebagai cara unik untuk kembali menikmati ruang publik dengan menyenangkan.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 

Dispatchwork @ Kunstraum Kesselhaus Bamberg // until 7.5 #dispatchwork #bamberg #exhibition #streetart #inside

Sebuah kiriman dibagikan oleh jan vormann (@janvormann) pada 11 Apr 2017 jam 12:12 PDT

"Dispatchwork bertujuan untuk mengembalikan kenangan masa kecil dalambentuk abstrak dan warna-warna cerah," ujar Vormann sepeti dikutip dari Archdaily.

Dia telah menggunakan banyak potongan dari permainan Lego untuk merevitalisasi banyak ruang dan struktur di seluruh dunia sejak 2007.

Melalui sebuah laman interaktif, setiap bangunan atau sruktur yang telah diperbaiki dengan potongan Lego dapat diketahui.

Selain itu, dia juga mengklaim banyak orang yang terinspirasi hingga akhirnya memanfaatkan potongan Lego miliknya untuk memperbaiki bagian-bagian rusak yang ditemukan.




Close Ads X