Dua Mahasiswa Wakili Indonesia dalam "Asia Young Designer Summit"

Kompas.com - 10/02/2019, 15:00 WIB
Juri dan Finalis AYDA Indonesia 2018-19Dok. Nippon Paint Juri dan Finalis AYDA Indonesia 2018-19

JAKARTA, KOMPAS.com - Kompetisi Asia Young Designer Award (AYDA) telah usai dilaksanakan pada Jumat (1/2/2019).

Dua pemenang yakni, Daniel dari Universitas Kristen Petra dan Silvia Ervina dari Universitas Pelita Harapan akan mewakili Indonesia dalam kompetisi Asia Young Designer Summit 2018/19.

Mereka akan bertanding dengan perwakilan dari 14 negara lainnya dalam memperebutkan gelar Asia Young Designer of the Year.

Selain itu, para pemenang akan mendapatkan beasiswa di Harvard University Graduate School of Design (GSD), berupa Summer School Program di Harvard University Graduate School of Design (GSD) di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat.

Daniel dari Universitas Kristen Petra Pemenang Gold Winner - AYDA Indonesia 2018 Architecture CategoryDok. Nippon Paint Daniel dari Universitas Kristen Petra Pemenang Gold Winner - AYDA Indonesia 2018 Architecture Category

“Penyelenggaraan tahun ke-7 AYDA di Indonesia merupakan sinergi baik. Tahun ini kami berdampingan dengan berbagai universitas terbaik di Indonesia. Tema AYDA ini masuk dalam tugas mahasiswa/mahasiswi," ujar CEO Decorative Paints Nippon Paint Indonesia Jon Tan, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (10/2/2019).

“Kami akan terus berupaya mengembangkan AYDA sebagai sebuah wadah pembelajaran yang holistik, dengan mengajak lebih banyak pihak untuk terlibat, baik dari kalangan akademisi, profesional dan juga pemerintah," lanjut Jon.

Dia menambahkan, dengan adanya sinergi ini maka diyakini akan memberikan manfaat besar terutama bagi mahasiswa atau mahasiswi yang kela akan mengembangkan industri kreatif Indonesia di masa depan.

Silvia Ervina dari Universitas Pelita Harapan Pemenang Gold Winner - AYDA Indonesia 2018 Interior Design CategoryDok. Nippon Paint Silvia Ervina dari Universitas Pelita Harapan Pemenang Gold Winner - AYDA Indonesia 2018 Interior Design Category

Setiap tahunnya kompetisi AYDA diselenggarakan melalui serangkaian kegiatan, mulai dari campus roadshow, tahap penyisihan hingga 6 besar.

Kemudian para peserta juga harus melalui coaching session oleh para praktisi, grand final dan awarding, dan ditutup dengan kompetisi regional yang diselenggarakan secara bergantian di negara peserta.

Berikut adalah daftar lengkapnya:

Kategori Arsitektur:

  • Gold Winner – Daniel dari Universitas Kristen Petra
  • Silver Winner – Gardy Ady Yasa dari Universitas Brawijaya
  • Bronze Winner – Gilang Dwi Alridho dari Universitas Gadjah Mada

Kategori Desain Interior:

  • Gold Winner - Silvia Ervina dari Universitas Pelita Harapan
  • Silver Winner - Orlando Gamal dari Universitas Tarumanegara
  • Bronze Winner - Ginanisa Aulia Rahmah dari Institut Teknologi Bandung




Close Ads X