Moeldoko Sebut Egois Orang yang Menilai Miring Proyek Infrastruktur

Kompas.com - 08/02/2019, 22:48 WIB
Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko dalam acara Distrupto 2018 di Plaza Indonesia Jakarta, Jumat (23/11/2018) KOMPAS.com/Putri Syifa NurfadilahKepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko dalam acara Distrupto 2018 di Plaza Indonesia Jakarta, Jumat (23/11/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan infrastruktur yang tengah digenjot pemerintah kerap dipandang miring oleh sejumlah pihak. Bahkan, ada yang berpendapat pembangunan infrastruktur tidak memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Terhadap pandangan miring tersebut Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menilai mereka adalah orang-orang egois yang hanya memikirkan diri sendiri.

Padahal di sisi lain, pembangunan yang dilakukan dalam bentuk Jalan Trans-Kalimantan, Jalan Tol Trans-Sumatera, dan Jalan Trans-Papua, misalnya, mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

"Banyak juga daerah menyampaikan bahwa Pak Jokowi itu Bapak Infrastruktur Indonesia. Sedikit orang yang mengkritisi pembangunan infrastruktur," kata Moeldoko dalam sebuah diskusi di Jakarta, Jumat (8/2/2019).

Ia mencatat, setidaknya ada sembilan isu terkait pembangunan infrastruktur yang selama ini kerap dilontarkan.

Pertama, ada anggapan bahwa pembangunan infrastruktur tidak menguntungkan masyarakat. Pemerintah hanya dianggap melakukan pencitraan lewat pembangunan tersebut.

Baca juga: Ini Alasan Naiknya Anggaran Infrastruktur 2019

Pandangan itu salah satunya dilontarkan Ketua Komisi V DPR Fary Djemi Francis dalam sebuah diskusi yang diselenggarakan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di Jakarta, Jumat (11/5/2018) lalu.

Saat itu, Fary menyebut maraknya pemberitaan tentang pembangunan infrastruktur merupakan bagian dari pencitraan.

Namun, menurut Moeldoko, bila Presiden hanya mengejar pencitraan dan juga suara untuk Pemilu 2019, maka pembangunan tersebut tak perlu dilakukan di seluruh wilayah Indonesia.

"Cukup di Pulau Jawa sebagai konsentrasi penduduk Indonesia terbesar," imbuh Moeldoko.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X