Siapkan Rp 158 Miliar, AP II Perpanjang Landasan Pacu Bandara Supadio

Kompas.com - 08/02/2019, 18:00 WIB
Bandara Supadio PontianakDok. PT Angkasa Pura II Bandara Supadio Pontianak

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II mengerjakan perpanjangan landasan pacu (runway) Bandara Internasional Supadio Pontianak, Kalimantan Barat.

Pekerjaan ini dilakukan agar runway bandara dapat menampung penerbangan pesawat berbadan lebar atau widebody, khususnya Airbus A330 atau yang sekelas.

Landasan pacu yang awalnya sepanjang 2.250 x 45 meter diperpanjang menjadi 2.600 x 45 meter.

Untuk menyelesaikan pekerjaan ini, PT Angkasa Pura II menyiapkan investasi sebesar Rp 158,3 miliar.

Baca juga: TNI Izinkan Penggunaan Bandara Gatot Subroto untuk Penerbangan Sipil

Pekerjaan perpanjangan landasan dimulai tahun ini dan diperkirakan tuntas dalam 1,5 tahun mendatang, sehingga penerbangan ibadah umroh dan haji dapat segera dibuka.

Sebelumnya, calon jemaah haji dan umroh dilayani di embarkasi Batam.

"Selama ini tidak ada penerbangan langsung dari Pontianak ke Arab Saudi karena memang fasilitas di bandara khususnya runway belum mampu mengakomodir itu," ujar Presiden Direktur PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Jumat (8/2/2019).

Sepanjang tahun 2018, Bandara Internasional Supadio melayani 4,2 juta penumpang. Tahun ini, pergerakan penumpang diperkirakan mencapai 4,4 juta orang.

Selain penerbangan domestik, Bandara Supadio juga melayani penerbangan internasional dari dan ke Kuching serta Kuala Lumpur.




Close Ads X